Tantangan Perpustakaan untuk Menghadapi Pemustaka di Era Modern pada Perpustakaan Universitas Potensi Utama

  • Idzhari Rahman Universitas Potensi Utama
    (ID)
  • Ayu Trysnawati UIN ALauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Informasi, Layanan,, Teknologi Informasi

Abstract

Sejak maraknya pemanfaatan internet di tengah-tengah masyarakat, sudah timbul isu bahwasanya suatu waktu tugas pustakawan dan perpustakaan tidak diperlukan lagi dikemudian hari oleh masyarakat. Penelitian ini, peneliti menggunakan metode yaitu penelitian kualitatif, penelitian lapangan merupakan field research yang mempunyai karakter yaitu penelitian kulitatif. Peneliti dengan mengumpulkan data dilapangan mengenai Tantangan Perpustakaan untuk Pemustaka di Era Modern Pada Perpustakaan Universitas Potensi Utama. Pengunjung perpustakaan menginginkan Perpustakaan Universitas Potensi Utama dengan lingkungan yang sangat nyaman untuk tempat mendapatkan kenyamanan membaca dan mendapatkan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan informasinya. Memperlakukan semua pelanggan dengan cara yang sama di Perpustakaan Universitas Potensi Utama. Pemustaka merupakan individu unik dengan preferensi, perasaan, dan emosi masing-masing. Dalam hal interaksi dengan penyedia layanan tidak semua pemustaka di Perpustakaan Universitas Potensi Utama bersedia menerima layanan yang seragam (standardized service). Perkembangan dunia perpustakaan menuntut para pustakawan di Perpustakaan Universitas Potensi Utama untuk menguasai penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengelola informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung Perpustakaan Universitas Potensi Utama. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armen. “Kesiapan Pustakawan di Era teknologi Informasi”. Maktabuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, Volume 1, Nomor 2, Desember 2019. ejournal.uinib.ac.id diakses pada 30-3-2023 Pukul 15.25, 2023.

Creswell, Jhon W. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Esterbeg, Kristin G. Qualitative Methods in Social Research. New York: Mc Graw Hill, 2002.

Hermawan, Rachman dan Zulfikar Zen. Etika kepustakawanan. Jakarta: Agung Seto, 2006.

Hartono. Kompetensi Literasi Informasi Perpustakaan: Membangun Budaya Literasi Digital bagi Generasi Melenial. Jakarta: Sagung Seto, 2019.

Manajemen Sistem Informasi Perpustakaan: Konsep, Teori, dan Implementasi. Ypgyakarta: Gava Media, 2017.

Jamridafrizal. “Siapkah Pustakawan Menghadapi Era Digital”, Jurnal Al-Maktabah, Vol. 16, 2017. journal.uinjkt.ac.id diakses pada 30-3-2023 Pukul 14.00, 2023.

Rahmah, Elva. Akses dan Layanan Perpustakaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

Rahmah, Elva. “Mewujudkan Pelayanan Prima di Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Penerepan Konsep Total Qualitity Management (TQM)”. http://repository.unp.ac.id diakses pada 30-12-2022 Pukul 11.00, 2018.

Rifngati, Endang. “Tantangan Pustakawan Perguruan Tinggi dalam Memberikan Layanan Prima dengan Berbasis Teknologi Informasi”, Dinamika Penelitian, Vol. 16, No. 2, 2016. ejournal.uinsatu.ac.id diakses pada 30-3-2023 Pukul 15.00, 2023.

Saleh, Abdul Rahman. Perpustakaan Perguruan Tinggi Kini dan Masa Depan: Sebuah Antologi Penikiran. Jakarta: Sagung Seto.

Sulistyo Basuki. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia, 1991.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Published
2023-03-31
How to Cite
Idzhari Rahman, & Trysnawati, A. (2023). Tantangan Perpustakaan untuk Menghadapi Pemustaka di Era Modern pada Perpustakaan Universitas Potensi Utama. Literatify : Trends in Library Developments, 4(1), 58-65. https://doi.org/10.24252/literatify.v4i1.40794
Section
Artikel
Abstract viewed = 260 times