Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan America Corner di Perpustakaan Pusat Universitas Hasanuddin Makassar

  • Ayu Trysnawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

American Corner merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di Perpustakaan UNHAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan American Corner di Perpustakaan UNHAS. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemustaka layanan American Corner. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam bentuk reduksi data, penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan/verifikasi untuk memperoleh hasil akhir.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi pemustaka terhadap pelayanan American Corner di Perpustakaan UNHAS  sangat baik, layanan yang terdapat pada American Corner membuat pemustaka nyaman berkunjung. (2) Persepsi pemustaka terhadap koleksi American Corner di Perpustakaan Pusat Universitas Hasanuddin Makassar ditanggapi baik oleh pemustaka. Segala hal yang berkaitan dengan koleksi American Corner membuat pemustaka senang berkunjung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, dkk. (2012). Layanan Prima: Perwujudan Layanan Prima++ Perpustakaan. Jakarta: Sagung seto.

Afida, A. (2011). Sikap Pemustaka Terhadap Layanan American Corner di Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan IAIN Walisongo Semarang. Tesis, Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Almah, H. (2012). Pemilihan dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan. Makassar: Alauddin University Press.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Reneka Cipta.

-------. (2007). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Reneka Cipta.

Azmi Nur Widya. (2013). Persepsi pemustaka tentang Sikap Pustakawan pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan Daerah Jepara. Skripsi SarjanaFakultas Ilmu Budaya Universitas di Ponegoro, Semarang.

Azwar, S. (2000). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Bogdan dan Taylor dalam Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Duncan, W. J. (1981). Organizational Behavior. Ed.2; Boston: Hougton Mifflin.

F. Rahayuningsih. (2007). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Faisal, S. (2001). Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafika Persada.

Gosulsel.com (http://gosulsel.com/psm/12/11/2015/launching-american-corner-di-perpustakaan-unhas/)

Hermawan S. R. (2006). Etika Kepustakawan. Jakarta: Sagung Seto.

Indonesia. Departemen Agama. (2008). Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Bandung: Diponegoro.

Jafar, F. (2005). Manajemen Jasa : Pendekatan Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Krech, D. (1962). Individual in Society.New York: McGraw-Hill.

Luthans, F. (1981). Organizational Behavior. Ed. 2; New York: McGraw-Hill.

Moelong, J. L. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muaffaq N, A. (2014). Tafsir Ilmu Perpustakaan. Cet.I; Makassar: Alauddin University Press.

Muin, M. A. (2014). Information Literacy Skills: StrategiPenelusuran Informasi Online. Makassar: Alauddin University Press.

Mulyadi, I. (2013). Dasar-Dasar Kepustakawanan. Cet.I; Makassar: Alauddin University Press.

Nusantari, A. (2012). Strategi Pengembangan Perpustakaan. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Poerwadarminta. (2003). Kamus Bahasa Indonesia. Ed. 3; Jakarta: Balai Pustaka.

Republik Indonesia. (2007). “Undang-undang R.I. Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Yogyakarta : Pustaka Mahardika.

Rosalin, E. (2008). Pemanfaatan Perpustakaan dan Sumber Informasi. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Sarwono, (2006). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2006). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

---------. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutarno, NS. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Sagung Seto.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah : Pesan, kesan, dan keserasian al Qur’an.Jakarta : Lentera Hati.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan, Kepustakaan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Suhayarto. (2014). Mengenal dan Mengelola Perpustakaan.Yogyakarta: Naafi’BookMedia.

Suherman. (2013). Perpustakaan Sebagai Jantung Sekolah: Referensi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.Bandung: LITERATE.

Suwarno, W. (2010). Dasar-Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

-------. (2010). Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

-------. (2009). Psikologi Perpustakaan. Cet. I; Jakarta: Sagung Seto.

Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga.

Thoha, M. (2002). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Ed.I. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Universitas Hasanuddin. (2009). Memorandum Of Understanding Between The Public Affairs Section The U.S Embassy Jakarta And UniversitaS Hasanuddin.

Published
2015-11-11
How to Cite
Trysnawati, A. (2015). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan America Corner di Perpustakaan Pusat Universitas Hasanuddin Makassar. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(2), 185-193. https://doi.org/10.24252/kah.v3i2a7
Section
Volume 3 Nomor 2, Desember 2015
Abstract viewed = 783 times