Hubungan Kualitas Layanan dengan Minat Kunjung Pemustaka di Perpustakaan Kota Bandung
Abstrak
Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi serta ilmu pengetahuan yang memiliki peranan penting dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan pengembangan masyarakat. Salah satu indikator keberhasilan pada perpustakaan adalah tingginya tingkat minat kunjung pemustaka. Tingkat minat kunjung pemustaka dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah sau faktor penyebab minat kunjung pemustaka meningkat merupakan kualitas layanan perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan kualitas layanan dengan minat kunjung pemustaka pada perpustakaan Kota Bandung. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling quota, dengan pendekatan kuantitatif pada 43.338 pengunjung perpustakaan pada bulan Januari – November 2023 dan sampel berjumlah 300 responden. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan Software Statistical Package for The Social atau SPSS versi 27 didapat dari hasil penelitian ini bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh dengan minat kunjung pemustaka dengan perolehan angka sebesar 0,629 atau dalam tingkat hubungan “ kuat ”. variabel yang paling tinggi diperoleh oleh bukti fisik (tangible) sebesar 0,506 kemudian diikuti oleh kehandalan (reliability) sebesar 0,450, jaminan (assurance) sebesar 0,425, daya tanggap (responsiveness) sebesar 0,406, dan terakhir empati (emphaty) sebesar 0,376.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Akli, Z. (2012). Strategi pemberdayaan pustakawan dalam mewujudkan layanan prima di perpustakaan. Orasi Ilmiah Pengukuhan Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI.
Basuki, S. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama.
Ningrum, N. L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan terhadap Minat Kunjung Mahasiswa di Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Tahun Kunjungan 2019. In Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Juni. http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/23598
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A multiple-item scale for measuring consumer perc. Journal of retailing, 64(1), 12.
Sumiati, E. (2019). Minat dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kunjungan ke Perpustakaan. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajeman, 10(2).
Sutarno, N. S. (2006). Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Praktik/Sutarno.
Sa’adah, R. H. (2018). Pengaruh Layanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Tjiptono, F. (2011). Brand registration and usage in selected FMCG markets in Indonesia 1914 to 2007: a study of brands and branding in a transitional economy (Doctoral dissertation, UNSW Sydney).
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License