Peran Panti Asuhan Tutwuri Handayani dalam Pembentuk Karakter Religius di Dusun Tarawe Kecamatan Alukku Kabupaten Mamuju
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk pembinaan karakter religius di Panti Asuhan Tutwuri Handayani dilaksanakan dengan cara pembinaan keagamaan seperti shalat tepat waktu secara berjamaah, mengaji setelah shalat subuh dan selesai shalat maghrib dan menjalankan puasa senin dan kamis, menyetor hafalan juz 30, disiplin seperti tidur tepat waktu dan membersihkan tempat tidur setelah bangun, mengerjakan tugas sekolah dan membiasakan mengantri saat mengambil makanan, jujur dan bertanggung jawab. Pembinaan emosi seperti beristighfar untuk meredakan emosi dan saling memaafkan satu sama lain. 2) Faktor pendorong dari aspek internal ialah pemilik panti, pengurus dan anak panti sedangkan aspek eksternal terdiri dari masyarakat luar dan para donator dan faktor penghambat dari aspek internal adalah anak panti yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), sedangkan dari aspek eksternalnya adalah letak panti asuhan yang dekat dengan jalan raya sehingga kendaraan yang lewat mengganggu proses belajar mengajar 3) Peran pengurus Panti Asuhan Tutwuri Handayani di Dusun Tarawe Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju yaitu mengajarkan anak mengenai agama seperti mengajarkan mengaji, memberikan motivasi, membimbing, dan mendampingi anak pantinya dalam menghadiri undangan.
Downloads
References
Abidin, Zainal dan Fiddian Khairuddin. Penafsiran Ayat-Ayat Amanah dalam Alquran, jurnal Syahadah Vol. V. No. 2, 2017.
Amin, Samsul Munir. Ilmu Akhlak, Jakarta : Amzah, 2016
Suci, Aristanti. Strategi Pembentukan Karakter Religius melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama
Farhan, Ahmad. Alquran dan Keberpihakan kepada Kaum Dhuafa, Jurnal Ilmiah Syi’ar, Vol. 15, No. 2, 2015
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas. Pasal 1 Ayat 1
Fadlullah. Orientasi Baru Pendidikan Islam, (Jakarta: Diadit Media, 2008)
Maimun, Agus dan Agus Zainul Fitri. Madrasah Unggulan: Lembaga Pendidikan Alternatif di Era Kompetitif, Malang: UIN Maliki Press, 2010
Munthe, Imya Sinsi, Santoso Tri Raharjo. Peningkatan Kemandirian dan Kepercayaan Diri di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak-Lksa, jurnal Vol. 1, No:2, Juli 2018.
Najed, Nasri Hamang. Pembentukan Karakter Anak Yatim Piatu dalam Paradigma Muhammadiyah, Jurnal Istiqra, Vol. 11, No. 1 September, 2014
Nurfirdaus Nunu, Risnawati. Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan dan Perilaku Sosial Siswa, Jurnal Lensa Pendas Vol. 4, No. 1 Februari, 2019
Nawali, Ainna Khairon. Hakikat, Nilai-Nilai dan Strategi Pembentukan Karakter (Akhlak) dalam Islam,h. 331
Sahlan, Asmaun. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam), Jurnal Vol. IX, No. 2, 2012,h. 145
Muchlas, Samani. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011
Santoso, Harianto. Disini Matahariku Terbit, Jakarta: PT Gramedia, 2005
Sultonhi Yahya, Sarmini. Strategi Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya, Jurnal Moral dan Kewarganegaraan Vol. 1, No. 1, 2013
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar ( Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012), h. 214. Suyanto Bagong, Masalah Sosial Anak Edisi Revisi Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013,h. 226
Koesuma, Doni A. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, (Jakarta: Grasindo:2010)
Triantoro, Safira. Autis Pemahaman Baru ntuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua. Jakarta:Graha Ilmu, 2005,h. 31
Abi, Iman Tohidi. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali dalam Kitab Ayyuha Al-Walad, jurnal Ilmiah Kajian Islam Vol. 2, No. 1 Agustus, 2017,h. 19
Wahyuni. Pengantar Sosiologi (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Rumah Buku Carabaca Makassar, 2018), h. 133-134.
Wahbah al-Zuhaily, Tafsir al-Munir, juz 11, Beirut: Dar al-Fikr, 20