Keterlibatan Anak Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Anak Pemulung Di Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar

  • Nur Annisa Indah Cahyani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Suriyani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abdullah Mutalib UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Anak Pemulung, Ekonomi, Keluarga

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Kondisi ekonomi keluarga pemulung memang terbilang sangat rendah dilihat bagaimana anak-anak terlibat dalam aktivitas ekonomi. Keluarga pemulung memiliki kondisi ekonomi dan penghasilan yang berbeda-beda, beberapa dari mereka ada yang sangat miskin, ada yang pas-pasan, serta beberapa dari mereka bahkan ada yang masih cukup mampu menyekolahkan anak-anaknya hingga mampu membeli kendaraan, handphone, dan lainnya. 2) Aktivitas anak yang bekerja sebagai pemulung terlibat dalam pemenuhan ekonomi keluarga dilihat dari bagaimana mereka memberikan penghasilan yang diperoleh dari hasil mulung kepada orang tuanya agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. 3) Kurangnya waktu belajar yang menyebabkan anak-anak tidak lagi memiliki cukup waktu untuk belajar, disebabkan rasa capek yang dirasakan karena harus sekolah sambil bekerja, terbatasnya waktu bermain bagi mereka yang seharusnya masih menikmati masa kanak-kanaknya dan kesempatan yang mereka lewatkan untuk menempuh pendidikan.

Kata Kunci: Anak Pemulung, Ekonomi, Keluarga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Sayuti. Metode Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek, Cet. 1; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Cet. III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2011.
Damayanti Saragih, Monica. “Peran Anak Dalam Menopang Ekonomi Keluarga Pada Masyarakat Petani Simalungun (Studi Kasus Desa Purba Tongah Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun)”, Skripsi, Medan: Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, 2018.
Dinar, Muhammad dan Muhammad Hasan. Pengantar Ekonomi: Teori Dan Aplikasi, Makassar: CV. Nur Lina dan Pustaka Taman Ilmu, 2018.
Djamil, M. Nasir. Anak Bukan Untuk Dihukum: Catatan Pembahasan UU Sistem Peradilan Pidana Anak (UU-SPPA), Jakarta: Sinar Grafika, 2013.
Feisal Ansar, Muh. “Etnografi Payabo Di TPA Tamangapa Kota Makassar”, Skripsi Makassar: Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2021.
Hanafi, Basri. “Keterlibatan Anak Dalam Ekonomi Keluarga Dan Pemenuhan Hak-Hak Anak”, Skripsi, Medan: Fak. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2016.
Huda, Nurul. Ekonomi Pembangunan Islam, Jakarta: Prenada media Grup, 2015.
Ibrahim, Andi, dkk.Metode Penelitian, Makassar: Gunadarma Ilmu, 2018.
Iqbal, Muhammad. “Konsep Pengentasan Kemiskinan Dalam Ekonomi Islam”, Skripsi, Malang: Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 2017.
J. Moleng, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif, Cet. IV; Bandung: Rosda Karya, 2007.
Jefriyanto, Candra. “Pemulung Di Era Milenial”, Jurnal Investasi Islam, Vol. IV No. 1, 2019.
Kementrian Agama, Al-Qur’an Dan Terjemahannya Untuk Wanita, Bandung: Jabal, 2010.
Kusumastuti, Adhi & Ahmad Mustamil Khoiron. Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, 2019.
Lestari, Sri. Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga, Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2016.
M. Setiadi, Elly dan Usman Kolip. Pengantar Sosiologi Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2011.
Mariani, Yayah, dkk. Studi Meta Analisis Upaya Negara Terhadap Perlindungan Anak dalam Perspektif Hak Asasi Manusia, Jakarta: Percetakan Pohon Cahaya, 2016.
Nurmayanti, Lilik. “Analisis Tindakan Sosial Para Tokoh Dalam Naskah Drama Godlob Karya Danarto Dengan Pendekatan Sosiologi Sastra Max Weber”, Jurnal, 2016.
Raho, Bernard, SVD. Sosiologi, Maumere: Ladalero, 2016.
Rita, Sukma. “Hubungan Antara Keterlibatan Anak Dalam Kegiatan Ekonomi Dengan Putus Sekolah Di Jorong Pasar Sialang Gaung Kabupaten Dharmasraya”, Jurnal Spektrum PLS, Vol. 1 No. 1, 2013.
Ritzer, George dan Douglas J. Goodman, Sociological Theory (Teori Sosiologi), terj. Nurhadi, Edisi Terbaru, Cet. XIII; Bantul: Kreasi Wacana, 2019.
Setaiawan, Firman dan Iswatul Hasanah. “Kemiskinan dan Pengentasannya Dalam Pandangan Islam”, Jurnal Dinar Ekonomi Syariah, Vol. 1 No. 1, 2016.
Sholihah, Rohmatus dan Muhammad Al-faruq. “Konsep Keluarga Sakinah Menurut Muhammad Quraish Shihab”, Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, Vol. 1 No. 4, 2020.
Siagian, Matias. Kemiskinan dan Solusinya, Medan: PT. Grasindo Monoratana, 2012.
Soyomukti, Nurani. Pengantar Sosiologi: Dasar Analisis, Teori & Pendekatan Menuju Analisis Masalah-Masalah Sosial, Perubahan Sosial, & Kajian-Kajian Strategis, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Sudjana, Nana.Penelitian dan Penilaian, Bandung: Sinar Baru, 1989.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XIX; Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. XV; Bandung: Alfabeta, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. VIII, Bandung: Alfsbeta, 2009.
Sugiyono. Metodologi Penelitian Kombinasi: Mixed Mhethodos, Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2011.
Suharto, Edi. Membangun Masyarakat dan Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis pembangunan kesejahteraan social dan pekerjaan, Bandung: PT Refika Aditama, 2005.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara, 2003.
Sutardji, “Karakteristik Demografi Dan Sosial Ekonomi Pemulung”, Jurnal Geografi, Vol. 6 No. 2, 2006.
Suyanto, Bagong. Masalah Sosial Anak, Cet. III; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2016.
Tindangen, Megi, dkk. Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 2, No. 3, 2020.
Wahyuni. Sosiologi Bugis Makassar, Makassar: Alauddin University Press, 2019.
Wandi, Sustio, Tri Nurharsono, Agus Rahardjo. Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturgi Kota Semarang, Vol. 2, No. 8, 2013.
Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif,Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2017.
Zuriah, Nurul.Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Cet. III; Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Ahmad. “Faktor Penyebab Kemiskinan dan Dampaknya”,Gramedia.com, https://www.gramedia.com/literasi/penyebab-kemiskinan/. (20 Januari 2022)
Penjelasan Tentang Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial. https://tinyurl.com/4ms9tybw. (30 September 2021)
Republik Indonesia. “Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 1999 Tentang Pengesahan Konvensi ILO No. 138 Mengenai Usia Minimum Untuk DiperbolehkanBekerja”, Hukumonline.com,https://www.hukumonline.com/ pusatdata/detail/17481/undangundang-nomor-20-tahun-1999/document. (28 Januari 2022)
Published
2023-09-20
How to Cite
Indah Cahyani, N. A., Suriyani, & Mutalib, A. (2023). Keterlibatan Anak Dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga (Studi Kasus Anak Pemulung Di Kelurahan Tamalanrea Indah Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Macora, 2(2), 35-44. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/45342
Section
Articles
Abstract viewed = 64 times