Strategi Bertahan Hidup Keluarga Nelayan Di Kawasan Bili-Bili Kabupaten Gowa

  • Safri UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Marhaeni Saleh UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Strategi, Bertahan Hidup, Keluarga nelayan

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “ Strategi Bertahan Hidup Keluarga Nelayan di kawasan waduk Bili-bili Kabupaten Gowa” dengan rumusan masalah : 1. Bsagaimana Tantangan yang dihadapi oleh masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di kawasan waduk Bili-bili Kabupaten Gowa? 2. Bagaimana bentuk-bentuk strategi bertahan hidup keluarga nelayan di kawasan waduk Bili-Bili?. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan sosiologis, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, tehknik analisis perbandingan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tantangan yang dialami oleh keluarga nelayan dalam menangkap ikan yaitu perubahan iklim, penggunaan alat tradisional, keterbatasan modal dan rendahnya pendidikan. Menghadapi tantangan tersebut maka ada beberapa bentuk strategi yang dilakukan diantaranya adalah strategi aktif dimana strategi aktif merupakan strategi yang mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki (misalnya: melakukan kerja sampingan, anggota keluarga turut andil membantu, dan memanfaatkan SDA yang ada disekitar tempat tinggal mereka). Selanjutnya adalah Strategi pasif, adalah strategi dalam bentuk penghematan/mengurangi pengeluaran baik itu sandang, pangan dan lain sebagainya (misalnya: menabung, membuat ikan kering yang tahan lama, dan memanfaatkan sekitar rumah mereka untuk ditanami berbagai jenis sayuran seperti: daun ubi, daun kelor, dan kangkung,). Terakhir adalah strategi jaringan merupakan strategi bertahan hidup yang dilakukan dengan cara menjalin relasi baik formal maupun dengan lingkungan sosialnya bahkan lingkungan kelembagaan. (misalnya meminjam uang kepada tetangga, meminjam uang ke koperasi, dan memanfaatkan bantuan pemerintah).

 

Kata Kunci: strategi, bertahan hidup, keluarga nelayan

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kodir Faqihuddin. Qira’ah Muhabadalah, Yogyakarta, 2019.
Anggito Albi, Johan Setiawan,. Metode Penelitian Kualitatif,Cat I: Jawa Barat. CV Jejak, 2018.
Anggito Albi, Johan Setiawan,. Metode Penelitian Kualitatif,Cat I: Jawa Barat. CV Jejak, 2018. Arikunto Suharsimi.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Arikunto Suharsimi.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Astuti L.P Krismono, , Sugianti Y. Karakeristik Kualitas Air Danau Limboto, Provinsi Gorontalo, Jurnal Penelitian Perikanan Indonesia.

Berry David. Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi, cet ke-3. Jakarta: Grafindo Persada, 1995.
Brigette Lantaeda,Syaron Peran Perencanaan Pembangunan Daerah Dalam Penyusunan (RPJMD). Kota Tomohon.
Cleves Mosse Julia. Gender dan Pembangunan . Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi IV . Cet. 1, Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2002.
Ellis. Strategi Rumah Tangga dan Diversifikasi Mata Pencaharian Pedesaan. Bandung: Alfabeta, 2013. Emzir, Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Grafindo Persada, 2003.
Jalaluddin Rakhmat dan Muhtar Gandaatmaja, Keluarga Muslim dalam Masyarakat Modern,. Bandung : Remaja Rosdakarya, 1994.
Coleman. James S.. Dasar-dasar Teori Sosial Fondation Of Sosial Theori, Bandung: Nusa Media, 1998
Berry David. Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi, cet ke-3. Jakarta: Grafindo Persada, 1995.
Published
2023-09-20
How to Cite
Safri, & Saleh, M. (2023). Strategi Bertahan Hidup Keluarga Nelayan Di Kawasan Bili-Bili Kabupaten Gowa . Macora, 2(2), 45-56. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/45345
Section
Articles
Abstract viewed = 60 times