Dampak Fatherless Terhadap Anak Perempuan (Studi Kasus Mahasiswi UIN Alauddin makassar)

  • Dwita Agustina Rahayu UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahyuni UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dewi Anggariani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Fatherless, Dampak, anak Perempuan

Abstract

Fenomena fatherless menjadi hal yang tidak semestinya diabaikan, berdasarkan data bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 3 fatherless menjadi bukti kurangnya keterlibatan ayah baik dalam pengasuhan maupun ikatan kedekatan emosional terhadap anak, Hasil observasi awal yang dilakukan penulis menemukan bahwa mahasiswi yang mengalami fatherless berasal dari latar belakang kondisi sosial yang beragam, beberapa di antara mereka berasal dari keluarga yang sudah bercerai, kehadiran ayah di rumah yang terhitung sangat sedikit, dan ayah yang sudah meninggal dunia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan sosiologis, menggunakan teori Struktural Fungsional dari Robert K. Merton. Data primer dalam penelitian ini bersumber dari penelitian secara lansung melalui wawancara mendalam, dan observasi lansung mahasiswi UIN Alauddin Makassar, dan data sekunder yang bersumber dari hasil bacaan buku, artikel maupun hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dampak yang ditimbulkan fatherless terhadap mahasiswi UIN Alauddin Makassar, 1) aspek psikologis yang terdiri dari daddy issue (masalah ayah), self esteem (harga diri), mental healt (kesehatan mental), 2) aspek sosial yaitu perilaku menyimpang dan menutup diri dari lingkungan sosial, 3) aspek riligiusitas, dan 4) struggle (perjuangan).

Kata Kunci: Fatherless, dampak, Anak Perempuan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Castetter. The developmental effect on the daughter of an absent father throughout her lifespam, 2020. Dalam jurnal Asti Wandasari, Haerani Nur, Dian Novita Siswanti, Ketidakhadiran Ayah Bagi Remaja Putri, jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, Universitas Negeri Makassar, Vol.1, No.2, 2021.

Dewi & Utami. Subjective well-being anak dari orang tua bercerai, 2008. Jurnal Psikologi 2(35). 194-212. ISSN: 0215-8884.

Fadjryana Fitroh, Siti. Dampak Fatherless Terhadap Prestasi Belajar Anak,2014.

Fiqrunnisa, Astiqoyyima. Istar Yuliad, Rahmah Saniatuzzulfa, Persepsi Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan dengan Pemilihan Pasangan pada Perempuan Dewasa Awal Fatherless, jurnal psikologi, 2023.

Hanif Salman Wijaya, Muhamad. Fenomena Fatherless pada Mahasiswa FISIP Universi tas Sriwijaya. Skripsi Sosiologi, 2022.

J. Goode, William. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Aksara Baru 1983.

M.S, Dagun. Psikologi Keluarga, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Miles & Huberman, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1992.

Published
2024-08-19
How to Cite
Agustina Rahayu, D., Wahyuni, & Anggariani, D. (2024). Dampak Fatherless Terhadap Anak Perempuan (Studi Kasus Mahasiswi UIN Alauddin makassar). Macora, 3(2), 121-135. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/macora/article/view/50805
Section
Articles
Abstract viewed = 134 times