Date Log
PENGARUH BRAND IMAGE DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN GO-JEK DI KOTA MAKASSAR
Corresponding Author(s) : Ahmad Efendi
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 3 No. 2 (2016): December
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui apakah variabel brand image dan inovasi layanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan GoJek di Kota Makassar. (2) mengetahui apakah variabel brand image secara parsial berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Go-Jek di Kota Makassar. (3) mengetahui apakah variabel inovasi layanan secara parsial berpengaruh terhadap variabel keputusan dan (4) mengetahui variabel manakah yang paling dominan terhadap keputusan menggunakan Go-Jek di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September-Oktober 2016. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui pembagian kuisioner. Adapun Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna Go-Jek di Kota Makassar, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang dengan teknik non-probability sampling dan teknik penentuan sampel incidental. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, koefisien determinasi (R2), dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand image dan inovasi layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menggunakan Go-jek di Kota Makassar. Secara parsial varibael brand image tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen dengan thitung< ttabel, 1.356<.1.984. Sedangkan Variabel inovasi layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dengan thitung> ttabel, 5.986>1.984. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan menggunakan Go-jek di Kota Makassar adalah variabel inovasi layanan dengan koefisien regresi sebesar 0.646.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. Manajemen Pemasaran.Jakarta. Ed.1. Cet.3.Rajawali pers. 2012.
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cet.8; Bandung: Alfabeta, 2007.
Ambaradar, Jackie dkk. Mengelola Merek. Cet.1; Jakarta:Yayasan Bina Karsa Mandiri, 2007.
Ardiyanto, Gilang Febriani dkk. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas konsumen pada Produk TV LCD Samsung pada Java Supermall Semarang”. Jurnal. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Ed.1; Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Dewanto, Wawan dkk. Manjemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro.Cet.1; Bandung: Alfabeta, 2015.
Herlambang, Susatyo. Basic Marketing: Dasar-Dasar Pemasaran. Cet.1;Yogyakarta:Goysen Publishing,2014.
Hessy. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa DHL di Semarang”. 2014. Jurnal. Semarang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Indah, Nino Puspita. “Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Tupperware di Kec. Sungai Pagu Kab.Solok Selatan”. Jurnal.
Istinugrum, dwi Anisa dan Zoratul Lail. Trend Go-Jek dan Ruang Lingkup Permasalahanya di kawasan Beji Kota Depok. 2015. Laporan Penelitian.
Kara,Muslimin. Statistik Ekonomi. Cet.1;Makassar:Alauddin University Press,2013.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. Prinsip-Prisnip Pemasaran. Ed.12. Jilid 1; Jakarta: Erlangga, 2008.
Kotler, Philip dan A.B. Susanto. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Ed.2; Jakarta: Salemba Empat, 2001.
Masda Gustiana, Pinta.”Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Galamai di Kota Payakumbuh”. 2014. Jurnal.
Usman,Hardius dan Nurdin Sobari. Aplikasi Teknik Multivariate:Untuk Riset Pemasaran. Ed.1.Cet.1;Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
“Perbaiki Sistem IT, Gojek Akuisisi startup asal india”. Situs resmi m.cnnindonesia.com.http://m.cnnindonesia.com/teknologi/ (12 Oktober 2016) PPM Manajemen. Inovasi Perusahaan Indonesia. Jakarta Pusat: Penerbit PPM, 2014.
Republik Indonesia. “Undang-undang RI Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek.
Romdonah, Rindah dkk. “Pengaruh Inovasi Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan pembelian Sepeda Motor Honda Beat pada Konsumen Dealer Honda Pratama,Semarang. 2014.Jurnal.
Sari, Irine Diana. Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan. Cet.4; Yogjakarta: Nuha Medika, 2010.
Sadat, Andi M. Brand Belief; Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba empat, 2009.
Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Ed.Revisi; Jakarta: Kencana, 2015.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Cet.5; Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D;Bandung:Alfabeta, 2014.
Suriyani dan Hendryadi. Metode riset kuantitatif:Teori dan Aplikasi bidang manajemen dan ekonomi islam.Jakarta:Kencana, 2015.
Sutisna dan Pawitra. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Konsumen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
Tahir, Mahdi M. “Analisis Strategi Pemasaran Usaha Kecil, Menengah (UKM) pada UKM Abon Pelangi Kab. Polewali Mandar”. Skripsi, Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin, 2015.
Temporal, Paul dan KC Lee. Hi-Tech Hi-Touch Branding. Ed.1;Jakarta:Salemba Empat, 2002. Tjiptono, Fandy. Brand Management dan Strategy. Ed.1; Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005.
Tjiptono, Fandy dan Gregotius Chandra. Pemasaran Global:Konteks Offline dan Online. Ed. 1; Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2012.