Date Log
ANALISIS PERILAKU WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK-OBYEK WISATA DI KABUPATEN GOWA
Corresponding Author(s) : Asdi Asdi
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 4 No. 1 (2017): June
Abstract
Keragaman obyek wisata di Kabupaten Gowa memerlukan suatu strategi pemasaran yang disesuaikan dengan karakteristik perilaku dan motivasi wisatawan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada- tidaknya perbedaan yang significant perilaku wisatawan dalam memilih obyek-obyek wisata di Kabupaten Gowa. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Gowa, dengan menjaring sebanyak 200 wisatawan sampel sebagai responden, pada enam lokasi obyek wisata. Untuk menentukan wisatawan sampel menggunakan teknik cluster sampling, quota sampling dan purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengolahan dan analisis data menggunakan teknik analisis Kai–Kuadrat (X2). Hasil olah dan analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang significant perilaku wisatawan dalam memilih obyek-obyek wisata di Kabupaten Gowa berdasarkan karakteristik wisatawan dengan indikator ; suku/asal daerah, kedudukan dan peran keluarga usia / tahap siklus hidup, dan indicator pengetahuan / proses belajar
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
J. Stanton William Y Lamarton ; 1985, Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Kother, Philip ; 1995, Manajemen Pemasaran, Prenhalindo, Jakarta
Kotler, Philip & Armstrong; 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta
Kusmayadi, dan Sugiarto, Endar, 2000, Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu; 2002, Prilaku Konsumen, PT. Refika Aditama, Bandung
Marpaung, Happy, 2002, Pengetahuan Kepariwisataan, Alfabeta, Bandung.
Muljadi, 2009, Kepariwisataan dan Perjalanan, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Soewantoro, Gamal ; 2001, Dasar-Dasar Pariwisata, Andi, Yogyakarta
Sudijono, Anas ; 1989, Pengantar Statistik Pendidikan, Rajawali Pers, Jakarta
Pitana, I Gede, dan Surya Diarta, I Ketut, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Andi,Yogyakarta.
Wahab, Salah; 1997, Pemasaran Pariwisata, PT. Praduya Paramita, Jakarta