Date Log
ANALISIS KESESUAIAN KOMPETENSI ALUMNI UIN ALAUDDIN TERHADAP KEPUASAN STAKEHOLDER (Study kasus Lulusan Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar angkatan 2006-2010)
Corresponding Author(s) : Eka Suhartini
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 3 No. 1 (2016): June
Abstract
Pokok masalah penelitian ini ialah bagaimana setiap institusi, private atau public perlu membangun sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki secara profesional dan memiliki kompetensi yang tinggi. Kompetensi yang tinggi akan menjadi pusat keunggulan institusi sekaligus sebagai pendukung daya saing institusi dalam memasuki era globalisasi dan menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA) 2015 dalam dunia kerja, serta kondisi sosial masyarakat yang mengalami perubahan begitu cepat. Dan pengangguran terdidik setiap tahunnya meningkat, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) periode 2014 pengangguran berjumlah 7.244.905 orang. Alasan yang mendasari munculnya pengangguran terdidik tersebut karena “bukan disebabkan mereka tidak mampu secara keilmuan, tetapi salah satu faktor yang paling dominan ialah ketidaksesuaian kualifikasi yang diminta oleh dunia kerja dengan lulusan kampus. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan stakeholder dalam hal kompetensi atau keterampilan lulusan manajemen, dan untuk mengetahui faktor mana yang harus diprioritaskan untuk memenuhi harapan stakeholder, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara harapan dan kinerja yang dirasakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, penelitian ini melibatkan 78 sampel lulusan manajemen sebagai obyek penelitian terhadap kepuasan stakeholder sebagai responden. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan diagram kurtosis untuk melihat faktor mana yang harus di prioritaskan, dan wilcoxon untuk melihat apakah ada perbedaan antara harapan dan kinerja yang dirasakan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disumpulkan bahwa pada item keahlian manajerial pada variabel leadership yang memperoleh tingkat kepuasan tertinggi, serta masih terdapat gap (kesenjangan) antara harapan stakeholder dan kenyataan (kinerja) yang diterima, Kesenjangan terdapat pada kuadran A dan D pada diagram kartesius pada item prioritas dan berlebihan, dan berdasarkan hasil uji wilcoxon terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan dan kinerja yang dirasakan
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Abu Achmad Agus, “Ihsan dan Itqan dalam Bekerja”, http://www.lingkaran.org/ ihsan-dan-itqan-dalam-bekerja.html. Diakses 01 Januari 2015.
Agung Nugroho ,Bhuono, Strategi Jitu: Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS (Yogyakarta : Andi Offset,2005)
Agustin, Vony, Kompetensi Lulusan Sarjana St rata 1 (S1) Psikologi dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi “X”. Jurnal universitas surabaya Vol.1 no.1 2012
Akil Mendiknas Fasli Jalal wawancara pada harian Republika 2011 http://www.kopertis12.or.id/2011/02/15/sepertiga-lulusan-pt-sumbang penganggu ran2.html#sthash.dacES17y. dpuf diakses tanggal 22 Desember 2014.
Asse, Ambo, Hadis Nabi SAW (tentang ekonomi dan bisnis), (Makassar : Alauddin Press 2014).
Awaluddin, Murtiadi, 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Jurnal Assets, 3.
Burke, A Competence Supporting in College To Find Best Career Choice. (New Zaeland: Education Center Publishing. 2004).
Data Badan Pusat Statistik (BPS) ) http://www.bps.go.id /tab_sub/view. Php ? tabel = 1&daftar=1&id _subyek= 06¬ab=4 diakses pada tanggal 22 Desember 2014 Pukul 02.30 Wita.
Indra setiawan, defenisi integritas, https:// indrasetiawan17. wordpress.com/ definisi- integritas-dan - pengertian-integritas- indolibrary, diakses 10/03/2015 pukul 12.06 Wita.
Iryanie, Emy, Tesis Komitmen Stakeholder Perusahaan Terhadap Kinerja Sosial dan Kinerja Keuangan (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia), Program pasca sarjana Universitas Diponegoro Semarang. 2009.
Istijianto, Riset SDM .(Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. 2008)
Jurusan Manajemen, Borang Akreditasi : Evaluasi Diri Prodi Manajemen (Gowa : Jurusan,2014)
Kahar, Irawaty A., Konsep kepemimpinan dalam perubahan organisasi pada perpustakaan perguruan tinggi, Jurnal : Universitas Sumatra Utara,Volume IV, No. 1 thn 2008.
Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemah : New Cordova, Bandung : Syamil Quran, 2012.
Khatimah, Husnul, Jurnal Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah (Studi pada nasabah BRI cabang semarang pattimura).
Komang ardana, dkk., Manajemen sumber daya manusia Cet. I, (Jogjakarta : 2012)
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran. Jilid 1&2.Edisi Milenium. (Jakarta : Prehalindo. 2012)
Lorens, Bagus, Kamus Filsafat, (jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996).
Lubis, Fatma Wardy, Peranan Komunikasi dalam Organisasi, Jurnal : Universitas Sumatra Utara Harmoni Sosial,Volume II, No. 2 thn 2008.
Miarso, Yusuf Hadi, Menyamai benih teknologi pendidikan, (Jakarta : Penerbit Kencana, 2004).
Miranda, Dian, Pengembangan diri melalui pemberdayaan diri (Jurnal : Visi Ilmu Pendidikan).
Muchlas, Samani, Pengangguran Lulusan SMK (Dimuat Harian Republika, Tanggal 14 Nopember 2013)
Mulyasa, E, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, (Jakarta: Rosdakarya, 2003)
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2001), Edisi III.
R.Sembel & A. Prijosaksono, Kiat-kiat meningkatkan dan memaksimalkan kinerja, (Jakarta : Elex media Komputindo 2003).
Republik Indonesia, Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.54 Tentang Kompetensi Lulusan.
Republik Indonesia, Undang-undang No 13 Tentang ketenagakerjaan Tahun 2003.
Rikza Maulan,http://www.eramuslim. com/ peradaban/ tafsir- hadits/ mempermu dah- customer-dalam-transaksi-bisnis.htm#.VP-Az_CZHIV diakses tangggal 11/03/2015 pukul 06:48 Wita.
Ruslan, Rosady, Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi, (Jakarta: 2003, Rajawali Press)
Sairin, Sjafri, Membangun Profesionalisme Muhammadiyah, (Yogyakarta: Lembaga Pengembangan Tenaga Profesi [LPTP], 2003).
Sardiman, A.M. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.2000)
Shakir, R, Soft skills at the Malaysian Institutes of Higher Learning. Asia Pacific Educ. Rev., 10:309-31. 2009
Soehartono, Irwan, Metode Penelitian Sosial (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2011)
Sugiyono, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Cet , 6 (Bandung: 2009, , Alfabeta)
Supranto, J., Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan(Jakarta : PT Rineka Cipta 2006),
Suriasumantri, Jujun, S, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Popular.(Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2007)
Syariati, Alim & Namla Elfa Syariati. 2012. Islamic Bank as Bank of Ethics. In Proceeding of Annual South East Asian International Seminar.
Tri Juniati Andayani, Corporate Social Responsibilty Corporate Social Responsibilty, https://kulaniki .wordpress. com/ cor porate-social-responsibility-csr-disclosure-alternatif-pengambilan-keputusan-bagi-investor/. Diakses 20 Januari 2015.
Widia Astuti https://widiastutidyah.wordpress.com/2011/01/21/makalah-kerjasama- tim-dan-partisipasi-dalam-meningkatkan-kinerja-karyawan diakses tanggal 10/03/2015
Yani, M, Manajemen sumber daya manusia. Cet I, (Jakarta: mitra wacan media, 2012)
Yorke and Knight. Stress in Young Career. Journal of Bussiness Research 21:456-478. 2006
Yusuf, Syamsu. Teori Kepribadian.(Bandung : PT Remaja Rosdakary 2007).
Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori – Aplikasi (Jakarta: 2006, Bumi Aksara)