Date Log
Konflik Organisasi Dalam Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kota Palopo
Corresponding Author(s) : Siradjuddin Siradjuddin
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 3 No. 1 (2016): June
Abstract
Konflik adalah suatu proses interaktif yang dimanifestasikan dalam ketidaksepadanan, ketidaksepakatan, atau perselisihan didalam atau antar entitas sosial, yakni individu, kelompok, dan organisasi. Penelitian ini berasumsi secara teoritis bahwa konflik organisasi ada di organisasi pemerintah daerah. Organisasi pemerintah daerah tidak dapat menghindarkan diri dari konflik karena pemerintah daerah adalah organisasi berskala besar. Konteks konflik organisasi yang dicakup dalam studi ini adalah pengelolaan keuangan daerah. Pengelolaan keuangan publik menunjuk pada prosedur-prosedur untuk mengelola uang publik melalui proses anggaran. Proses pengelolaan anggaran mencakup aktivitas perencanaan APBD, pelaksanaan APBD, penatausahaan APBD, pelaporan APBD, pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, dan pengawasan APBD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi konflik dalam bentuk konflik tugas maupun hubungan dalam pengelolaan keuangan daerah di Kota Palopo. Sumber konfliknya pun bervariasi tergantung pada hubungan kerja yang terjalin. Demikian pula upaya penanganan konflik yang disesuaikan dengan bentuk dan sumber konflknya.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Awaluddin, Murtiadi, 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Jurnal Assets, 3.
Basri, S., 2011. Manajemen Konflik dalam Organisasi. (Online), (http://setabasri01.blogspot.com/...-organisasi.html), diakses 31 Juli 2013).
Downs, A., 1965. A Theory of Bureaucracy. American Economic Review, Volume: 55, Issue: 1/2, Pages: 439-446.
Effendi, Ahmad., 2014. Pengaruh Diversifikasi Program Studi Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 15(2), pp.206-219.
Fisher, Simon, dkk. 2001. Mengelola Konflik : Keterampilan dan Strategi Untuk Bertindak, Cetakan Pertama, Alih Bahasa S.N. Kartikasari, dkk, The British Council, Indonesia, Jakarta.
Fölscher, A., 2010. Good Governance in Budget Preparation and Execution, dalam Good financial governance: Towards Modern Budgeting. CABRI Secretariat, National Treasury Pretoria, South Africa.
Graham, A., 2011. Public Sector Financial Management for Managers. School of Policy Studies, Queens’s University Kingston, Canada. Canadem.
Jones, G. R., 2007. Organizational Theory, Design, and Change. New Jersey: Pearson Education Inc.
Kouzmin, A., and Dixon, J., 2006. “Neoliberal Economics, Public Domains, and Organizations: Is There Any Organizational Design after Privatization?”, in Handbook of Organization Theory and Management: The Philosophical Approach, Second Edition, edited by Thomas D. Lynch and Peter L. Cruise. Boca Raton, FL.: Taylor & Francis Group, pp. 667-728.
Mullins, Laurie J., 2005. Management And Organisational Behaviour. Essex, England: Pearson Education Limited.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu., 2011. Struktur Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan. Samata: Alauddin University Press
Pondy, Louis R., 1967. “Organizational Conflict: Concepts and Models”. Administrative Science Quarterly, Vol. 12, No. 2, pp. 296-320. (Online), (http://www.jstor.org/stable/2391553. Diakses 28 Juli 2013.
Prakash, T., and Cabezon, E., 2008. Public Financial Management and Fiscal Outcomes in Sub-Saharan African Heavily-Indebted Poor Countries. WP/08/217. Washington DC: World Bank.
Rahim, M. Afzalur, 2002. Toward A Theory of Managing organizational Conflict. The International Journal of Conflict Management, Vol. 13, No. 3, pp. 206-235.
Robbins, S. P., 1994. Teori Organisasi: Struktur, Desain & Aplikasi. Jakarta: Penerbit Arcan.
Said, S. (2015). Sharia Banking Performance in Makassar. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 15(1), 21-42.
Said, Salmah. (2012). Pemikiran Ekonomi Muslim Tentang Pasar Modal Syariah. AL Fikkr Volume 16 Nomor 2 Th 2012.
Shantiuli, T. M., & Said, S. (2014). Banking with the patron: a case study of patron-client relations in Makassar, Indonesia. Retrieved APril, 30, 2014.
Stoner, J. A. F. Dan Edward F., 1992. Management. Prentice-Hall International Inc. New Jersey
Suhartini, Eka., 2012. Kualitas pelayanan kaitannya dengan kepuasan konsumen. Alauddin University Press.
Suhartini, Eka., 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Samata: Alauddin University Press
Syariati, Alim & Namla Elfa Syariati. 2012. Islamic Bank as Bank of Ethics. In Proceeding of Annual South East Asian International Seminar.
Syariati, Alim. 2012. The Effect Of Islamic Comercial Banks’health And Their Cost Of Fund Upon Its Financing In Indonesia Over 2005-2009. Proceeding of International Conferrence of AIMI Indonesia
Syariati, Alim. The Effect of Islamic Commercial Banks’ Health and Their Cost of Fund Upon its Financing in Indonesia over 2005-2009.
Sylvana, A., Si, M. and Murtiadi Awaluddin. Model Penciptaan Daya Saing Bisnis Melalui Transformasi Kewirausahaan Berbasis Tekhnologi Informasi (Technopreneur). Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions, p.71.
Wahyudi dan Akdon,H., 2005. Manajemen Konflik dalam Organisasi. Bandung: Alfa Beta.
Weingart, L. R., and Jehn, K. A., 2009. Manage Intra-Team Conflict through Collaboration”, in Handbook of Principles of Organizational Behavior, edited by Edwin Locke, West Sussex, UK.: John Wiley & Sons, Ltd., pp. 327-346.