Date Log
DEKONSTRUKSI “BRAND STRATEGY” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN
Corresponding Author(s) : Ahmad Efendi
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 2 No. 2 (2015): December
Abstract
Branding adalah suatu kegiatan pemberian merek kepada suatu produk. Branding dimaksudkan sebagai pembeda dengan pesaing dengan tujuan untuk dikenal dan sebagai tanda/mark. Jadi, branding merupakan salah satu strategi dalam marketing yang dapat dilakukan untuk memenangkan persaingan. Produk dapat berupa barang, juga dapat berupa jasa. Sebuah produk yang memiliki citra yang demikian kuat terkadang melampaui ketenaran daripada perusahaan produsennya. Sehingga konsumen lebih mengenal produknya daripada perusahaan produsennya. Universitas Islam Negeri Alauddin sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia butuh untuk dikenal, diketahui dan diakui keberadaan dan eksistensinya di antara perguruan tinggi lain di Indonesia. Untuk itu, UIN Alauddin perlu memiliki brand untuk membedakan dirinya dengan kompetitornya. Ada beberapa strategi brand yang harus diperhatikan oleh UIN Alauddin untuk menghadapi persaingan yang tinggi. Diantaranya brand awareness, brand image, brand equity, dan brand longevity. Segala strategi dalam pemasaran ditujukan untuk merekayasa, meningkatkan dan menciptakan permintaan/pembelian akan produknya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu merek untuk mengakomodir hal tersebut.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Aaker, D. A., 1996, MEASURING BRAND EQUITY ACROSS PRODUCTS AND MARKETS, California Management Review, 38 (3)
Abdullah, Thamrin & Tantri, Francis, 2015, MANAJEMEN PEMASARAN, Rajawali Pers.
Alma, Buchari, 2007, MANAJEMEN PEMASARAN dan PEMASARAN JASA, Edisi Revisi, Alfabeta.
Arsyad, Azhar, 2004, LANGKAH PASTI MENUJU UNIVERSITAS, Alauddin Press.
Arsyad, Azhar, 2005, DULU IAIN KINI UIN ALAUDDIN, Alauddin Press.
Assauri, Sofjan, 2014, MANAJEMEN PEMASARAN, RajaGrafindo Persada.
Efendi, Ahmad, 2012, PENGARUH CITRA MEREK dan DIVERSIFIKASI PROGRAM STUDI TERHADAP MINAT KULIAH MAHASISWA PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR, Tesis pada UMI Makassar.
Kartajaya, Hermawan, 2004, BRAND, Mizan Media Utama.
Keegan, Warren J., 2007, MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL, Edisi keenam (alih bahasa), PT. Indeks.
Kottler, P., 2000, MARKETING MANAGEMENT, New Jersey: Prentice Hall
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane, 2008, MANAJEMEN PEMASARAN, edisi alih bahasa, Penerbit ERLANGGA.
McNally, D. and Speak, K. D., 2004, BE YOUR OWN BRAND, Terj: Sikun Pribadi. Jakarta: Gramedia.
Morel, M., 2003, PROMOTE YOUR BUSINESS, NSW, Australia: Allen & Unwin.
Nilson, T. H., 1998, COMPETITIVE BRANDING: Winning in the Market Place with Value-added Brands. West Sussex, John Wiley & Sons, Ltd.
Pawitra, Teddy, 2003, PERILAKU KONSUMEN dan KOMUNIKASI PEMASARAN, PT. Remaja Rosda Karya.
Soebiantoro, Arto, 2013, MEREK INDONESIA HARUS BISA, Elex Media Komputindo.
Supanto & Limakrisna, Nandan, 2011, PERILAKU KONSUMEN dan STRATEGI PEMASARAN untuk memenangkan Persaingan Bisnis, Mitra Wacana Media, Edisi 2.
Sutojo, Siswanto, 2004, MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN, PT. Damar Mulia Pustaka.
Temoral, Paul & Lee, KC, 2002, HI-TECH HI-TOUCH BRANDING: Menciptakan Kekuatan Merek dalam Era Teknologi, alih bahasa, Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy, 2014, BRANDING & BRAND LONGEVITY, Penerbit ANDI.
Tjiptono, Fandy, 2005, BRAND MANAGEMENT & STRATEGY, Penerbit ANDI.
Post, K., 2005, BRAIN TATTOOS: Creating Unique Brands that Stick in Your Customers’ Minds, NY: Amacom.
Wijaya, Bambang Sukma, 2011, Branderpreneurship: A Brand Development-Based Enterpreneurship, memperkenalkan hirarki pemerekan atau hirarki komunikasi merek ini pertama kali di International Conference on Business and Communication, 23-24 November 2011.
Wijaya, Bambang Sukma, 2012, Analisis Branderpreneurship pada UKM Perawatan Kecantikan: Kasus Salon Waxing Corner' (The Branderpreneurship Analysis of SME’s Beauty Care: A Case of Waxing Corner Salon), Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis (SNKIB) II, Jakarta, 18 September 2012.
Wijaya, Bambang Sukma, 2013, DIMENSI CITRA MEREK DALAM PERSPEKTIF KOMUNIKASI MEREK, Avant Garde Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 1 (2).
Wijaya, Bambang Sukma, 2013, Dimensions of Brand Image : A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication, European Journal of Business and Management, Vol. 5 (31), pp.55-65.
Wijaya, Bambang Sukma, 2013, IS SOCIAL MEDIA IMPACTFUL FOR UNIVERSITY'S BRAND IMAGE?, Manajemen Teknologi Journal of Business and Management (Terakreditasi-B Dikti), Vol. 12 (3), pp. 276-295.
Syariati, Alim & Namla Elfa Syariati. 2012. Islamic Bank as Bank of Ethics. In Proceeding of Annual South East Asian International Seminar.
Awaluddin, Murtiadi, 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Jurnal Assets, 3.
Syariati, Alim. The Effect of Islamic Commercial Banks’ Health and Their Cost of Fund Upon its Financing in Indonesia over 2005-2009.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu., 2011. Struktur Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan. Samata: Alauddin University Press
Syariati, Alim. 2012. The Effect Of Islamic Comercial Banks’health And Their Cost Of Fund Upon Its Financing In Indonesia Over 2005-2009. Proceeding of International Conferrence of AIMI Indonesia
Effendi, Ahmad., 2014. Pengaruh Diversifikasi Program Studi Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 15(2), pp.206-219.
Suhartini, Eka., 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Samata: Alauddin University Press
Suhartini, Eka., 2012. Kualitas pelayanan kaitannya dengan kepuasan konsumen. Alauddin University Press.
Shantiuli, T. M., & Said, S. (2014). Banking with the patron: a case study of patron-client relations in Makassar, Indonesia. Retrieved APril, 30, 2014.
Said, Salmah. (2012). Pemikiran Ekonomi Muslim Tentang Pasar Modal Syariah. AL Fikkr Volume 16 Nomor 2 Th 2012.
Said, S. (2015). Sharia Banking Performance in Makassar. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 15(1), 21-42.
Sylvana, A., Si, M. and Murtiadi Awaluddin. Model Penciptaan Daya Saing Bisnis Melalui Transformasi Kewirausahaan Berbasis Tekhnologi Informasi (Technopreneur). Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions, p.71.