Date Log
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk CABANG COKROAMINOTO MAKASSAR
Corresponding Author(s) : Muhammad Akil Rahman
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 2 No. 2 (2015): December
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana pengaruh kerelasian pelanggan (customer relationship) melalui pemasaran yang berkelanjutan (Continuity marketing ), pemasaran secara individu (one to one) dan program kerja sama, (partnering atau co marketing) terhadap loyalitas pelanggan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Cabang Cokroaminoto Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang dipilih dengan metode sampling purposive. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan SPSS 17 didapatkan hubungan yang positif dan signifikan customer relationship management terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Mandiri (Persero),Tbk. cabang Cokroaminoto Makassar.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Abdullah, Thamrin, dan Tantri Francis, 2012, Manajemen Pemasaran, cetakan pertama, Penerbit : RajaGrafindo Persada, Jakarta
Awaluddin, Murtiadi, 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Jurnal Assets, 3.
Brown, Stanley. A, 2000, Custumer Relationship Management, A. Strategic Inperative in the Word of e-Business, John Wiley & Sons Canada Ltd
Dharmmesta, Swastha Basu dan Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, edisi Pertama. Penerbit : BPFE, Yogyakarta
Effendi, Ahmad., 2014. Pengaruh Diversifikasi Program Studi Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 15(2), pp.206-219.
Hurriyati, Ratih, 2010, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, cetakan pertama, penerbit : Alfabeta, Bandung
Irawan, Handi, 2009, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan, cetakan ketujuh, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, edisi ketigabelas Jilid satu. Penerbit : Erlangga, Jakarta
Limakrisna Nandan dan Wihelmus Hary Susilo, 2012, Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Bisnis, edisi pertama, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta
Lupiyoadi, Hamdani A. dan Rambat, 2011, Manajemen Pemasaran Jasa, cetakan kedua, edisi kedua, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta
Misbahuddin dan Iqbal Hasan, 2013, Analisis Data Penelitian dengan Statistik, edisi kedua, cetakan pertama, Penerbit : Bumi Aksara, Jakarta
Oesman Yevis Marty, 2010, Sukses Mengelola Marketing Mix, CRM, Custumer Value dan Custumer Dependency, cetakan pertama, Penerbit :Alfabeta, Bandung.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu., 2011. Struktur Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan. Samata: Alauddin University Press
Rangkuti Freddy, 2009, Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Said, S. (2015). Sharia Banking Performance in Makassar. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 15(1), 21-42.
Said, Salmah. (2012). Pemikiran Ekonomi Muslim Tentang Pasar Modal Syariah. AL Fikkr Volume 16 Nomor 2 Th 2012.
Shantiuli, T. M., & Said, S. (2014). Banking with the patron: a case study of patron-client relations in Makassar, Indonesia. Retrieved APril, 30, 2014.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, cetakan kesembialanbelas, Penerbit : Alfabeta, Bandung.
Suhartini, Eka., 2012. Kualitas pelayanan kaitannya dengan kepuasan konsumen. Alauddin University Press.
Suhartini, Eka., 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Samata: Alauddin University Press
Sunyoto Danang, 2013, Perilaku Konsumen, (Panduan Riset Sederhana Untuk Mengenali Konsumen), cetakan pertama, Penerbit : CAPS, Yogyakarta
Supriyanto Edy, 2014, SPSS+Amos, Perangkat Lunak Statisitik, Mengolah Data Untuk Penelitian, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : In Media, Jakarta
Sutisna, 2003, Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, cetakan ketiga, Penerbit : Remaja Rosdakarya, Bandung.
Syariati, Alim & Namla Elfa Syariati. 2012. Islamic Bank as Bank of Ethics. In Proceeding of Annual South East Asian International Seminar.
Syariati, Alim. 2012. The Effect Of Islamic Comercial Banks’health And Their Cost Of Fund Upon Its Financing In Indonesia Over 2005-2009. Proceeding of International Conferrence of AIMI Indonesia
Syariati, Alim. The Effect of Islamic Commercial Banks’ Health and Their Cost of Fund Upon its Financing in Indonesia over 2005-2009.
Sylvana, A., Si, M. and Murtiadi Awaluddin. Model Penciptaan Daya Saing Bisnis Melalui Transformasi Kewirausahaan Berbasis Tekhnologi Informasi (Technopreneur). Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions, p.71.
Tjiptono Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality Satisfaction. edisi ketiga, Penerbit : Andi Ofset. Yogyakarta.
Umar Husain, 2003, Riset Pemasaran, Dan Perilaku Konsumen, cetakan ketiga, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Wahjono, Imam Sentot, 2010, Manajemen Pemasaran Bank, Penerbit : Graha Ilmu, Jakarta
Yazid. 2008, Pemasaran Jasa dan Konsep Implementasi. cetakan keempat, Penerbit : Ekonesia Kampus Fakultas Ekonomi UII. Yogyakarta
Zikmund William G., McLeod. Raymond Jr, and Gilbert, 2003. Customer Relationship, Management, Integrating Marketing Strategy and Information Technology, International Edition, Wiley.