Date Log
ANALISIS FAKTOR KONFIRMATORI PROGRAM PEMASARAN RITEL DI KOTA MAKASSAR
Corresponding Author(s) : Indra Diputra
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 2 No. 2 (2015): December
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bauran ritel di supermarket dan hypermarket. Penelitian ini terdiri atas 6 variabel laten (X) yaitu variabel Lokasi (X1) dengan 6 peubah indikator, variabel Barang (X2) dengan 4 peubah indikator, variabel Harga (X3) dengan 3 peubah indikator, variabel Promosi (X4) dengan 3 peubah indikator, variabel Karyawan (X5) dengan 3 peubah indikator, dan variabel Kebijakan (X6) dengan 4 peubah indikator. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis faktor konfirmatori menggunakan perangkat lunak AMOS 21.0 for Windows. Hasil penelitan menjelaskan bahwa Peubah laten Lokasi (X1) dapat diukur oleh peubah indikator Ruangan toko yang luas (X1c) dan Lorong berbelanja yang tidak sempit (X1d). Peubah laten Barang (X2) dapat diiukur oleh peubah indikator Barang yang dijual lengkap (dalam) (X2a), Barang yang dijual beragam (luas) (X2b), dan Barang yang dijual “up to date” (X2d). Peubah laten Harga (X3) dapat diukur oleh peubah indicator Harga yang ditetapkan terjangkau (X3a) dan Harga yang ditetapkan lebih murah dibanding pesaing (X3b). Peubah laten Promosi (X4) dapat diukur oleh peubah indicator Penyampain iklan melalui media yang tepat (X4a), Iklan lebih menarik dibanding pesaing (X4b), dan Frekuensi iklan sering (X4c). Peubah laten Karyawan (X5) dapat diukur oleh peubah indicator Karyawan berpenampilan rapi (X5a), Karyawan bersikap sopan dan ramah (X5b), dan Karyawan cekatan dan sigap untuk membantu (X5c). Peubah laten Kebijakan (X6) dapat diukur oleh peubah indicator Memiliki fasilitas pembayaran yang beraneka ragam (tunai dan kartu plastik) (X6a) dan Memiliki fasilitas kartu pelanggan yang menarik (X6b).
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
____ .2005. Manajemen Pemasaran. Alih bahasa: Benyamin Molan. Jilid I. Edisi 11. Indeks: Jakarta.
_____ . 2006. Research, Methods for Business, A Skill - Building Approach. Alih bahasa: Kwan Men Yon. Jilid II. Edisi IV. Salemba Empat: Jakarta.
_____ . 2012. Analisis SEM Menggunakan AMOS. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Awaluddin, Murtiadi, 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Jurnal Assets, 3.
Berman, Berry and Evans, R. Joel. 2007. Retail Management A Strategic Approach. Ten Edition. Pearson Prentice Hall.
Boyd; Jr. Harper W.; Jr. Orville C. Walker; Jean-Claude Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jilid 2. Edisi Kedua. Jakarta : Erlangga.
Bungin, M. Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta IImu-ilmu Sosial Lainnya. Edisi 1. Cetakan 1. Kencana: Jakarta.
Business Editors/Real Estate Writers. 2003. Three Retail Outlet Industry Pioneers Partner to Develop an Upscale Outlet Center in Sussex Country pg.1
Chang, Chih-Hon and Chia-Yu Tu. 2005. Exploring Store Image, Customer Satisfaction and Customer Loyalty Relationship: Evidence from Taiwanese Hypermarket Industry. The Journal of American Academy of Business, Cambridge Vol.7. Num.2.September.
Chu Chen,Hui and Robert D Green. 2009. Marketing Mix and Branding:Competitive Hypermarket Strategies. International journal of Management and Marketing Research, Vol.2, No.1, pp.17-34.
Djunaedi, et al. "Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Pendekatan Fuzzy Service Quality Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Layanan". Jurnal IImiah Teknik lndustri. Volume 4. Nomor 3. April 2006. hal. 139¬146.
Effendi, Ahmad., 2014. Pengaruh Diversifikasi Program Studi Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 15(2), pp.206-219.
Gale. Chernev, A. 1997. The Effect of Common Features on Brand Choice: Moderating Role of Attribute Importance, Journal of Consumer Research, Vol.23
Gunawan, Barbara. "Analisis Hubungan Activity-Based Costing Dengan Peningkatan Kinerja Keuangan: Studi Empiris Di Bursa Efek . Jakarta". Simposium Nasional Akuntansi X di UNHAS 26-28 Juli 2007.
Hendri Ma’ruf. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Imam, Kamarul. 2006. Bahan Kuliah Analisis Multivariat Pad a Program MM-PS UNEJ.
Kotler, Philip. 1997. Dasar-dasar Pemasaran. Alih bahasa: Alexander Sindoro. Prenhalindo: Jakarta.
Li wei, mai. 2006. A Structural Equation Model of Customer Satisfaction and Future Purchase of Mail-Order Speciality Food. Int. Journal of Business Science and Applied Management, Vol.1
McDaniel, Carl dan Gates, Roger. 2001. Riset Pemasaran Kontemporer. Alih bahasa: Sumiyarto dan Rambat Lupiyoadi. Jilid I. Edisi I. Salemba Empat: Jakarta.
Oliver, F., Ben Shaw-Ching Liu and D. Sudharshan, 1997. The Relationship Between Culture and Service Quality Perceptions, Journal of service research vol.2 No.4, May.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu., 2011. Struktur Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan. Samata: Alauddin University Press
Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. 2002. Consumer Behaviour and Marketing Strategy. Homewood. Illinois: Richard D.Irwin Incorporation.
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Ratmono, Dwi & Prabowo, Yogi Hendro. "Komitmen dalam Hubungan Auditor dan Klien: Anteseden dan Konsekuensi". Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang. 23 - 26 Agustus 2006.
Said, S. (2015). Sharia Banking Performance in Makassar. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 15(1), 21-42.
Said, Salmah. (2012). Pemikiran Ekonomi Muslim Tentang Pasar Modal Syariah. AL Fikkr Volume 16 Nomor 2 Th 2012.
Santoso, Singgih. 2007. Structural Equation Modelling: Konsep dan Aplikasi dengan AMOS. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Schmitt, Nicolas. 2009. Import, Pass-Throught, and The Structure of Retail Markets. CESifo Working Paper Series No.2817
Sekaran, Uma. 2006. Research, Methods for Business, A Skill - Building Approach. Alih bahasa: Kwan Men Yon. Jilid I. Edisi IV. Salemba Empat: Jakarta.
Shammout, Ahmad Bahjat. 2007. "Evaluating an Extended Relationship Marketing Model for Arab Guests of Five-Star Hotels". A thesis submitted in fulfilment of the requirements for the degree of Doctor of Philosophy School of Hospitality, Tourism and Marketing Faculty of Business and Law Victoria University Melbourne.
Shantiuli, T. M., & Said, S. (2014). Banking with the patron: a case study of patron-client relations in Makassar, Indonesia. Retrieved APril, 30, 2014.
Shergill,G.S. 2008. Customer Perceptions of Factory Outlet Stores Versus Traditional Departement Stores, Journal Marketing Intelligence & Planning vol.28
Suhartini, Eka., 2012. Kualitas pelayanan kaitannya dengan kepuasan konsumen. Alauddin University Press.
Suhartini, Eka., 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Samata: Alauddin University Press
Syariati, Alim & Namla Elfa Syariati. 2012. Islamic Bank as Bank of Ethics. In Proceeding of Annual South East Asian International Seminar.
Syariati, Alim. 2012. The Effect Of Islamic Comercial Banks’health And Their Cost Of Fund Upon Its Financing In Indonesia Over 2005-2009. Proceeding of International Conferrence of AIMI Indonesia
Syariati, Alim. The Effect of Islamic Commercial Banks’ Health and Their Cost of Fund Upon its Financing in Indonesia over 2005-2009.
Sylvana, A., Si, M. and Murtiadi Awaluddin. Model Penciptaan Daya Saing Bisnis Melalui Transformasi Kewirausahaan Berbasis Tekhnologi Informasi (Technopreneur). Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions, p.71.
Zeithaml, V.A. and M.J. Bitner. 2001. Services Marketing : Integrating Customer Focus Across the Firm. International Edition. McGraw-Hill, United Stated of Amerika.