Date Log
ANALISIS PENGETAHUAN KONSUMEN MENGENAI PERBANKAN SYARIAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA SYARIAH (PERSERO) CABANG MAKASSAR
Corresponding Author(s) : Megawati Megawati
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 2 No. 2 (2015): December
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengetahuan konsumen mengenai PT. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Cabang Makassar dan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Cabang Makassar. Adapun metode analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis korelasi Kendal tau (ԏ) serta diolah menggunakan Software Statistic Program for Social Science (SPSS Version 20). Hasil analisis menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen mengenai produk lebih tinggi dibanding pengetahuan konsumen mengenai pembelian dan pemakaian. Sedangkan pengetahuan konsumen mengenai pembelian lebih rendah dibanding pengetahuan konsumen mengenai produk dan pemakaian. Selain itu, pengetahuan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada PT. Bank Tabungan Negara Syariah (Persero) Cabang Makassar.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Boyd, Walker, dan Larrence, 2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global Edisi Kedua, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kasmir, 2006. Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip dan Susanto, 1999. Manajemen Pemasaran di Indonesia Buku Satu, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kuncoro, Mudrajat, 2009. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi Edisi 3, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muhammad, 2005. Bank Syari’ah Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia Edisi Pertama, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
..................., 2005. Manajemen Bank Syari’ah Edisi Revisi, Yogyakarta: Penerbit UPP AMP YKPN.
Nitisusastro, Mulyadi, 2012. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Peter, Paul dan Jerry C.Olson, 1999. Consumer Behavior Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi Keempat, Jakarta: penerbit Erlangga.
Pranata, Mazz Reza, 2011. Pengaruh pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Wadiah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Medan, Medan.
Prasetjo, Ristiyanti dan John J.O.I Ihalauw, 2005. Perilaku Konsumen, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Riduwan dan Akdom, 2007. Rumus dan Data dalam Analisis Statistik Cetakan Kedua, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Rismayanti, Fenti, 2005. Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Bandung, Bandung.
Rivai, Veithzal, 2010. Islamic Banking Sebuah Teori, Konsep, dan Aplikasi, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Setiadi, Nugroho J, 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Pertama, Jakarta: Penerbit Kencana.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sumarwan, Ujang, 2002. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapan Dalam Pemasaran, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Umar, Husein, 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua, Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.
..................., 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa, Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah.
Syariati, Alim & Namla Elfa Syariati. 2012. Islamic Bank as Bank of Ethics. In Proceeding of Annual South East Asian International Seminar.
Awaluddin, Murtiadi, 2013. Pengaruh Independensi dan Kompetensi Auditor Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Auditor Inspektorat Kota Makassar. Jurnal Assets, 3.
Syariati, Alim. The Effect of Islamic Commercial Banks’ Health and Their Cost of Fund Upon its Financing in Indonesia over 2005-2009.
Parmitasari, Rika Dwi Ayu., 2011. Struktur Organisasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan. Samata: Alauddin University Press
Syariati, Alim. 2012. The Effect Of Islamic Comercial Banks’health And Their Cost Of Fund Upon Its Financing In Indonesia Over 2005-2009. Proceeding of International Conferrence of AIMI Indonesia
Effendi, Ahmad., 2014. Pengaruh Diversifikasi Program Studi Terhadap Minat Kuliah Mahasiswa Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Al-Hikmah Journal for Religious Studies, 15(2), pp.206-219.
Suhartini, Eka., 2013. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Samata: Alauddin University Press
Suhartini, Eka., 2012. Kualitas pelayanan kaitannya dengan kepuasan konsumen. Alauddin University Press.
Shantiuli, T. M., & Said, S. (2014). Banking with the patron: a case study of patron-client relations in Makassar, Indonesia. Retrieved APril, 30, 2014.
Said, Salmah. (2012). Pemikiran Ekonomi Muslim Tentang Pasar Modal Syariah. AL Fikkr Volume 16 Nomor 2 Th 2012.
Said, S. (2015). Sharia Banking Performance in Makassar. Al-Ulum: Jurnal Studi Islam, 15(1), 21-42.
Sylvana, A., Si, M. and Murtiadi Awaluddin. Model Penciptaan Daya Saing Bisnis Melalui Transformasi Kewirausahaan Berbasis Tekhnologi Informasi (Technopreneur). Entrepreneurship at Global Crossroad: Challenges and Solutions, p.71.