Date Log
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DALAM MELAKUKAN ONLINE SHOPPING DI KOTA MAKASSAR
Corresponding Author(s) : Okta Nofri
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 5 No. 1 (2018): June
Abstract
Penelitian ini menginvestigasi bagaimana pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk secara online di kota Makassar. Adapun faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap keputusan pembelian (variabel dependen) meliputi faktor kebudayaan, sosial, kepribadian dan psikologis (variabel independen). Untuk itu, kuesioner diisi oleh tidak kurang dari 100 sampel yang dipilih secara random. Responden menjawab daftar pernyataan-pernyataan berskala likert yang berhubungan dengan variabel yang diteliti. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa faktor kebudayaan, sosial, kepribadian dan psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online baik secara simultan maupun secara parsial. Adapun variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian online adalah faktor sosial.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
APJII. 2017. Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Pengguna Internet Indonesia: Survey. https://apjii.or.id. (diakses pada tgl 4 Juni 2018)
Basuki, Agus, Tri dan Nano Prawoto. 2004. Analisis Regresi dalam Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada
Bhuono, Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu: Memilih metode statistik penelitian dengan SPSS, Jakarta: Erlangga
Didin, Kartikasari, dkk (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Penelitian pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan merek Indomie), Jurnal Administrasi Bisnis Vol 3, No 2: JULI
Engel, F. James, Blackwell D. Roger, dan Miniard W. Paul. 2010. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Budiyanto. Binarupa Aksara, Jilid 1, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Diponegoro
Globalwebindex. 2018. Trends 18, The Trends to Know for 2018. Tersedia pada https://cdn2.hubspot.net/hubfs/304927/Downloads/Trends-18.pdf. (Diakses pada 30 Mei 2018).
Herlambang, Susatyo. 2004. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Cet; Gosyen Publishing
Irianto, Agus. 2003. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana
Kotler, Philip dan Keller, Lane Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi 13, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller, Lane Kevin. 2016. A Framework for Marketing Management. Global Edition. Pearson Education Limited, 6th Edition
Kuncoro, Agus. 2010. Analysis Multivariat, Bandung: Penerbit Alfabeta
Lamb, Hair. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Mariaji, Wahyu dan Yuniati, Tri. (2014). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 8
Notoatmodjo, Seokidjo. 2003. Pendidikan & Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Pasha, Muhammad Reksa. 2017. Kemudahan yang Didapat dari Belanja Online, https://blog.syarq.com (diakses pada tgl 21 Mei 2017)
Paul.D. Leedy and Jeanne.E. Ormrod. 2005. Practical Research: Planning and Design Research Edisi 8. Ohio : Pearson Merrill Prentice Hall
Peter, Paul J. and Olson, C. Jerry. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Mcgraw-Hill/Irwin Series in Marketing, 9th Edition
Rafiz, Fadhil Mohammad. 2016. Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Daihatsu: Studi pada Konsumen Kendaraan Daihatsu di PT. Jolo Abadi Authorized Daihatsu Dealer Malang, Jurnal Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Malang, Vol. 39 No. 2.
Rahman, M. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Masyarakat Memilih Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fityan Kabupaten Gowa. Al-Mashrafiyah (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah), 1(1).
Rahman, Muh. Akil. (2016, June). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Lewat Internet di Kalangan Mahasiswa. In Assets (Vol. 6, No. 1, pp. 103-115).
Schiffman, G. Leon, Kanuk L. Lazar. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa : Zoelkifli Kasip. Jakarta : PT. INDEKS
Setiadi, Nugroho J. 2008. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Ke-13, Jakarta
Sujarweni, Wiratna. 2015. SPSS untuk Penelitian, Yogyakarta
Umar, Husein. 2008. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wells and Gubar. 1966. Life Cycle Concept in Marketing Research. Journal of Marketing. November
Widaryono, Agus. (2013). Ekonometrika Teori dan Aplikasi untuk Ekonomi dan Bisnis (Yokyakarta: Ekonosia, 2005), Hal. 177-182