Date Log
Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Konsep Hotel Syariah (Sharia Compliant Hotel) Survei Pada Konsumen Hotel Bunda Padang
Corresponding Author(s) : Verinita Verinita
Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi,
Vol. 5 No. 2 (2018): December
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap hotel syariah pada Hotel Bunda Padang. Variabel dalam penelitian ini adalah Konsep Syariah pada Hotel yang terdiri dari 3 sub variabel yaitu operasi pelayanan, desain dan interior dan keuangan.Untuk mengetahui hasil persepsi konsumen, peneliti menggunakan Analisis Univariat dengan program SPSS versi 23. Populasi yang digunakan adalah pengunjung Hotel Bunda Padang dengan sampel 135 responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa rata-rata responden memberikan persepsi yang positif terhadap konsep Hotel Syariah pada Hotel Bunda Padang dengan nilai rata-rata tertinggi pada bagian sub variabel Keuangan yaitu manajemen dan fasilitas keuangan berbasis kepatuhan syariah.
Keywords
Download Citation
Endnote/Zotero/Mendeley (RIS)BibTeX
References
Arby, Ikhsan. (2014). Persepsi Masyarakat Terhadap Konsep Hotel Syariah Di Bukittinggi. Indonesia. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Ahmat, Nur Hidayah. Ridzuan, Ahmad. Din, Norrina. Zainol, Noorliza. Mohammad Azli Razali. (2015). Syariah Complian Hotel : The Concept and Practices. Malaysia. Universitas Teknologi MARA
Fadhil, Mohd dan Mohd Yusof (2013). Introducing Shariah Compliant Hotels as a New Tourism Product : The Case of Malaysia
Ghozali, Imam. (2006). Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang. Penerbit Universitas Diponegoro
Halim, Roslille. Marzuki, Sharifah. Hilmi, Zulkifli. Ali, Roslina. Maisarah Ishak. (2016). Measurment Of Shariah Compliant Hotel Selection Factors Using Importance-Performance Analysis. Malaysia. Universitas Teknologi MARA
Hendorson, J.C. (2010). Shariah-Compliant Hotels. Tourism and Hospitality Research, 10 (3), 246-254
Jais, Ahmad Sahir. (2016). Shariah Compliance Hotel: Concepts and Design (1sted). Malaysia: Koperasi Politeknik Merlimau Malaka Berhad
Kabarnagari.com, (12 Juni 2017). Diakses pada bulan November 2017
Kemenpar. (2015). Pesona Magazine New Wave Moeslem Tourism (2nd ed): Sumatera Barat dan Potensi Destinasi Wisata Halal, 47-50.
Kotler,Philip dan Gary Armstrong (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terj. Bob Sabran. Jakarta, Penerbit Erlangga
Koran Singgalang Padang, (19 September 2017). Diakses pada bulan November 2017
Kominfo.go.id. (17 November 2016). Diakses pada bulan November 2017
M.metrotvnews.com. (10 Januari 2017). Diakses pada November 2017
Mansouri, Shirzad (2014, January 30-31). Role of Halal Tourism Ideology in Destination Competitiveness: A Study on Selected Hotels in Bangkok, Thailand. International Conference on Law, Education and Humanities.
Saad, Hesham. Ezzat., Ali, Badran. Nabil., Abdel-Ati, Abdel-allem., Magdy (2014). Sharia-Compliant Hotels in EGYPT: Concept and Challenges. Advances in Hospitality and Tourism Research
Samori, Zakiah dan Fadhilah Rahman. (2013). Towards The Formation Of Shariah Compliant Hotel In Malaysia : An Exploratory Study On Its Opportunities And Challenges. The West East Institute
Sekaran,Uma (2006)). Research Methods for Business. Terj. Kwan Men Yon. Jakarta, Penerbit Salemba Empat
Setkab.go.id. (6 Januari 2017). Diakses pada Desember 2017
Sofyan, Riyanto. (2014). Model Implementasi Bisnis Syariah. Sofyan Hospitality, PT. Sofyan Hotels Tbk.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta. Penerbit Alfabeta.
www.bps.go.id. (2016). Diakses pada November 217
Zafir, Nor. (2014). Establishing Shariah-compliance hotel characteristics from a muslim needs perspective. Malaysia. Universitas Teknologi Malaysia