Turunan (Derivatif): Sebuah Pendekatan Matematis dalam Analisis Keuntungan Maksimum

  • Nurwahidah Nurwahidah Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar
    (ID)
  • Andi Mariani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis keuntungan maksimum yang dilakukan pada Kedai Ana, sebuah usaha rumahan di Kota Makassar yang baru dirintis. Hasil observasi yang dilakukan pada Kedai Ana memberikan gambaran bahwa pemilik kedai masih kesulitan untuk memperoleh keuntungan maksimum yang ditandai dengan adanya perubahan harga penjualan untuk beberapa menu yang ditawarkan. Turunan (derivatif) merupakan pendekatan matematis yang digunakan untuk melakukan analisis keuntungan maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keuntungan maksimum yang dihasilkan oleh suatu usaha menggunakan konsep turunan. Hasil analisis menyatakan bahwa Kedai Ana belum mencapai keuntungan maksimum yang ditunjukkan dengan tidak semua menu yang ditawarkan memiliki hasil turunan kedua yang bernilai negatif.

Author Biographies

Nurwahidah Nurwahidah, Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar
Program Studi Matematika
Andi Mariani, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika

References

L. V. Hignasari, “Analisis Keuntungan Maksimum dengan Konsep Turunan pada Industri Percetakan,” Jurnal Imiah Vastuwidya Universitas Mahendratta, vol. 1, no. 2, 2018.

B. Asyhar, “Aplikasi Turunan (Derivatif) Dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimum,” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, Aug. 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v2i1.98.

M. S. Rumetna, T. N. Lina, S. D. Cahya, B. M. Liwe, and M. Kosriyah, “Menghitung Keuntungan Maksimal dari Penjualan Roti Abon Gulung dengan Menggunakan Metode Simpleks dan Software POM-QM,” Jurnal Jendela Ilmu, vol. 1, no. 1, pp. 6–12, Apr. 2020, doi: 10.34124/ji.v1i1.49.

Z. Nasution, H. Sunandar, I. Lubis, and L. T. Sianturi, “Penerapan Metode Simpleks untuk Menganalisa Persamaan Linier dalam Menghitung Keuntungan Maksimum,” Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), vol. 3, no. 4, pp. 42–48, 2016.

D. E. Varberg, E. J. Purcell, and S. E. Rigdon, Calculus early transcendentals. Harlow, Essex: Pearson, 2014.

M. N. R. Al-Arif, Matematika Terapan untuk Ekonomi. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Published
2021-12-21
How to Cite
[1]
N. Nurwahidah and A. Mariani, “Turunan (Derivatif): Sebuah Pendekatan Matematis dalam Analisis Keuntungan Maksimum”, MSA, vol. 9, no. 1, pp. 1 - 6, Dec. 2021.
Abstract viewed = 7128 times