PERANAN UMAT ISLAM TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA : PENGARUH ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH TERHADAP KEMISKINAN DAN KETIMPANGAN

  • khalilah nurfadilah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Menurut data World Population Review, penduduk Islam di Indonesia mencapai 87,2% dari total penduduk pada tahun 2020. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, sumbangsih umat Islam terhadap bangsa dan negara harusnya juga dominan. Terkhusus pada aspek ekonomi, peranan umat Islam salah satu wujud nyatanya nampak pada Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). ZIS diharapkan berdampak pada cakupan pergerakan distribusi kekayaan yang adil dan merata, sehingga dampak ekonomi berpengaruh positif secara menyeluruh. Penelitian ini mengkaji dampak ZIS terhadap perkonomian, kemiskinan, dan ketimpangan menurut provinisi di Indonesia pada tahun 2020 dengan metode analisis regresi berganda. Hasil regresi membuktikan bahwa jika investasi Indonesia tumbuh 1% maka PDRB riil Indonesia akan ikut tumbuh 0,92%. Jika pengumpulan zakat (asumsi ZIS yang dikumpulkan sama dengan dengan yang disalurkan) di Indonesia tumbuh sebesar 1%, maka PDRB riil Indonesia akan tumbuh sebesar 0,098%. Pengaruh tersebut relatif sangat kecil jika dibandingkan pengaruh investasi terhadap PDB riil di Indonesia. Jika zakat tumbuh 1% maka akan menurunkan jumlah penduduk miskin sebesar 0,164%, sehingga model regresi di atas berhasil membuktikan bahwa ZIS yang dikelola oleh BAZNAS berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan.  

Author Biography

khalilah nurfadilah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Matematika FST UIN AM
Published
2021-12-28
How to Cite
[1]
khalilah nurfadilah, “PERANAN UMAT ISLAM TERHADAP PEREKONOMIAN INDONESIA : PENGARUH ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH TERHADAP KEMISKINAN DAN KETIMPANGAN”, MSA, vol. 9, no. 2, pp. 82-88, Dec. 2021.
Abstract viewed = 171 times