FOURIER SERIES NONPARAMETRIC REGRESSION MODEL IN THE CASE OF OPEN UNEMPLOYMENT RATE IN SOUTH SULAWESI

  • Muhammad Ihsan Salim Alauddin Islamic State University
    (ID)
  • Adnan Sauddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Ichsan Nawawi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Kasus pada penelitian menunjukkan fungsi dari bentuk kurva  antara peubah respon dan peubah prediktor tidak diketahui. Ketidakjelasan bentuk kurva tersebut menjadi pertimbangan  digunakannya Regresi nonparametrik. Kemudian diketahui data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data perwilayah. Data perwilayah merupakan data yang memiliki sifat fluktuatif. Hal ini dikarenakan setiap wilayah memiliki kecendrungan perbedaan yang tinggi akan setiap karakteristiknya, Sehingga di duga cocok digunakan pendekatan deret fourier.  Pemodelan dilakukan dengan metode Generalized Cross Validation (GCV) untuk mencari titik knot optimal. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat variabel prediktor yang memberi pengaruh secara signifikan terhadap variabel respon.

References

[1] Abdy, Muhammad. 2019, Tinjauan Singkat Tentang Regresi Parametrik Dan Regresi Nonparametrik. SAINTIFIK.
[2] Anwar, Syaiful. Regresi Nonparametrik Spline untuk pemodelan Tingkat Pengangguran Terbuka Di Sulawesi Selatan. Makassar: FMIPA, Univeritas ITS, 2014.
[3] Ardiansyah. 2019, Pemodelan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinann Di Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: UIN Alauddin.
[4] Bilodeau. 1992, Fourier Smoother and Additive Models. Canada: The Canadian Journal Of Statistic.
[5] BPS. 2020, Keadaan Ketenagakerjaan Sulawesi Selatan . Makassar.
[6] —. Sulawesi Selatan Dalam Angka. Makassar, 2020.
[7] Erilli, Alp. 2014, Nonparametric Regression Estimation for Data with Equals Value. Turki: Europen Scientific Journal.
[8] Hardle, W. 1990, Applied Nonparametric Regression. New York: Cambrige Press.
[9] Hariksa, Siti and manfaati indah. 2019, Pemodelan Regresi Nonparametrik Deret Fourier Pada Kasus Tingkat Kemiskinan Di Sumatra Utara. Semarang: UMS.
[10] Hazelton, Martin L. 2015, Nonparametric Regression. International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences (Second Edition).
[11] Mirah, Ayu. 2015, Pemodelan Regresi Deret Fourier dan Spline Truncated Dalam Regresi Nonparametrik Multivariabel. Surabaya: ITS Surabaya.
[12] Mudrajat. 2006, Ekonomi Pembangunan : Teori, Masalah dan Kebijakan. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
[13] Prahutama, Alan. 2013, Model Regresi Nonparametrik Deret Fourier Pada Kasus Tingkat Pengangguran Terbuka Di Jawa Timur. Diponegoro: UNDIP.
[14] Riani, Andrea Tri and Narita Yuri. 2021, Pemodelan Regresi Nonparametric Dengan Estimator Spline Truncated dan Deret Fourier. Jambora Journal Of Math.
Published
2022-12-05
How to Cite
[1]
M. I. Salim, Adnan Sauddin, and M. Ichsan Nawawi, “FOURIER SERIES NONPARAMETRIC REGRESSION MODEL IN THE CASE OF OPEN UNEMPLOYMENT RATE IN SOUTH SULAWESI”, MSA, vol. 10, no. 2, pp. 48-56, Dec. 2022.
Abstract viewed = 305 times