ANALISIS REGRESI LOGISTIK BINER UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

  • Andi Mariani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Adnan Sauddin Prodi Matematika FST, UINAM
    (ID)
  • Adiatma Prodi Matematika FST, UINAM
    (ID)
  • Husnatun Nufus Program Studi Matematika-FST, UINAM
    (ID)
Keywords: IPK, Regresi Logistik Biner

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor yang memberikan pengaruh terhadap capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa prodi matematika. Penelitian dilakukan menggunakan metode observasi (kuisioner). Metode penentuan sampel yang digunakan adalah Proporsional Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari beberapa faktor yang diikutkan dalam penelitian  ini yaitu faktor motivasi belajar, sarana dan prasarana belajar, kinerja pengajar dan lingkungan keluarga , diketahui hanya faktor motivasi belajar  yang    memberikan    pengaruh    signifikan   terhadap   capaian  IPK   mahasiswa dengan nilai odds ratio sebesar 1,102 kali dan ketepatan klasifikasi model regresi logistik biner sebesar 70%.

Author Biography

Andi Mariani, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Program Studi Matematika

References

[1] George Boeree. Metode Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruz Media, 2006.
[2] David W. Hosmer dan Stanley Lemeslow. Applied Logistic Regression. New York: John Wiley and Sons, Inc, 1989.
[3] Anonim. Bahan Ajar : Statistika dan Probabilitas. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).
[4] Yanti Anggraeni dan Ismaini Zain. . “ Pemodelan Regresi Logistik Biner Terhadap Peminat ITS di seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014”. Jurnal Sains dan Seni ITS 4,no. 1 (2015): h. D-116.
[5] Sepang, dkk.” Penerapan Regresi Logistik untuk Menentukan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jenis Alat Kontrasepsi di Kecamatan Modayag Barat”. Jurnal MIPA Unsrat Online 1, no.1 (2012): h.1-5.
[6] Alan Agresti. Categorial Data Analysis. New York: John Wiley and Sons, 1991.
[7] M. Zainal Mahmudin, Altien Rindengan dan Winsy Weku, “ Penggunaan Association Rule Data Mining Untuk Menentukan Pola Lama Studi Mahasiswa F-MIPA UNSRAT”, Jurnal de Cartesian Vol.3 No. 1 (2014), h. 1-8.
[8] Johnson dan Wichen. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey : Prentice Hall Inc, 2006.
Published
2023-01-04
How to Cite
[1]
Andi Mariani, A. Sauddin, Adiatma, and H. Nufus, “ANALISIS REGRESI LOGISTIK BINER UNTUK MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA MATEMATIKA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR ”, MSA, vol. 11, no. 1, pp. 6-11, Jan. 2023.
Abstract viewed = 553 times