ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA PERUM BULOG SUBDIVRE SIDRAP

ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA PERUM BULOG SUBDIVRE SIDRAP

  • Andi Mariani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Risnawati Ibnas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • rezki eka wulandani juslifa UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengoptimalan pengendalian persediaan beras dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ). Economic Order Quantity (EOQ) merupakan model persediaan yang menganalisis  frekuensi pemesanan, biaya pemesanan dan waktu pemesanan yang ekonomis. Penelitian ini menggunakan metode EOQ karena EOQ adalah salah satu teknik  dalam mengontrol persediaan barang atau bahan untuk tiap pemesanan dan meminimalkan biaya total dari pemesanan dan biaya penyimpanan barang.  Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil optimal persediaan beras dengan menghitung persediaan pengaman (safety stock), penentuan titik kembali (reorder point) dan total persediaan bahan baku  (TIC) di Perum Bulog Subdivre Sidrap. Hasil EOQ pengendalian persediaan beras di Perum Bulog Subdivre Sidrap berupa jumlah kebutuhan beras sebesar 9,63 ton dalam satu kali pemesanan dengan jumlah pemesanan 3752 kali dalam setahun. Hasil analisis dari optimal persediaan beras dengan persediaan pengaman (safety stock) sebesar 9.033,63 ton, titik pemesanan kembali (reorder point) sebesar 9.726,56 ton dan  biaya total persediaan (TIC)  sebesar Rp. 240.087.074,7.

References

[1] Riyanto, Bambang.2001. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan.Yogyakarta: BBFE.
[2] Hakim, Arman.2003. Perencanaan dan Pengendalian Produksi.Surabaya: Guna Widya.
[3] Taha, Hamdy A.2017.Operations Research an Introduction.Tent edition.England: Pearson Education Limited.
[4] Kurniawan, Maria Cendanasari dan Wiwik. Penerapan Metode Campuran Autoregresivve Integrated Moving Average dan Quantile Regression (ARIMA-QR) Pengendalian Persediaan Beras(Studi Kasus: Perum Bulog Sibolga), Skripsi. Universitas Sumatera Utara.Untuk Peramalan Harga Cabai Sebagai Komoditas Strategi Pertanian Indonesia. Jurnal Teknikits, 7, no. 1.
[5] Yunati, Tasna. 2019.Peramalan Jumlah Penggunaan Kouta Internet Menggunakan Metode ARIMA. Journal of Mathematisc : Theory and Application, 1, no. 2.
[6] Zulhamidi, dan Riski.2016. Peramalan Penjualan The Hijau dengan Metode ARIMA (Studi Kasus pada PT.MK). Jurnal PASTI, XI, no. 3
[7] Aminudin.2005.Prinsip-Prinsip Riset Operasi. Jakarta : Erlangga.
[8] Haming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2012. Manajemen Produksi Moddern.Edisi kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
[9] Yusuf, Fitriani dan I.K.2014.Efesiensi Persediaan Beras Pada Perum Bulog Divisi Regional Daerah Istimewa Yogyakarta.Yogyakarta
[10] Heizer, Jay dan Barry Render.2000,Manajemen Operasi.Jakarta: Salemba Empat.
Published
2022-12-10
How to Cite
[1]
Andi Mariani, Risnawati Ibnas, and rezki eka wulandani juslifa, “ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA PERUM BULOG SUBDIVRE SIDRAP : ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BERAS MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY PADA PERUM BULOG SUBDIVRE SIDRAP ”, MSA, vol. 10, no. 2, pp. 95-103, Dec. 2022.
Abstract viewed = 1141 times

Most read articles by the same author(s)