Penerapan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Semut pada Pendistribusian Barang

  • Try Azisah Nurman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Risnawati Ibnas Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Alfian Nurul Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penentuan rute terpendek dalam penentuan pendistribusian barang pada pasar Kalukuan, Panciro dan Minasamaupa dengan membandingkan Algoritma Dikstra dan Algoritma Semut . Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil perbandingan antara Algoritma Dikstra dan Algoritma Semut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah kami teliti bahwasanya algoritma yang unggul dalam penentuan pendistribusian barang dari sumber ketujuan adalah algoritma Dijkstra karena algoritma Dijkstra memberikan rute tanpa berulang dan menghemat banyak waktu untuk pedagang sampai ketujuan.

Author Biography

Try Azisah Nurman, UIN Alauddin Makassar
Prodi Matematika FST

References

[1]Ayu, Andira. “Algoritma Greedy untuk menentukan lintasan terpendek dalam area kotaMakassar ”. Skripsi (Makassar: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Makassar, 2013).
[2]Fandi Ahmad, Hafidz Fadel Muharram. 2018. “ Penentuan Jalur Distribusi Dengan Metode Saving Matriks “ Jakarta: Vol. 13 No.1.
[3]Hardjasutanto, Fabrian Oktavino. Institut Teknologi Bandung. Jl. Ganesha 10 Bandung 40132, Indonesia). Http;//Makalah-Algoritma Semut.htm( 1 September 2014).
[4]Halda, Yani Ranius dan Syaputra. Implementasi Algoritma Dijkstra Untuk Menentukan Jalur Terpendek Rumah Sakit Di Kota Palembang (Palembang: Gramedia Pustaka Utama,2015),7.
[5]I’ing Mutakhiroh, dkk. Pemanfaatan Metode Heuristik Dalam Pencarian Rute terpendek Dengan algoritma Semut dan Algoritma genetika.Vol.7 .No.7.(2007).Hal.33

[6]Jong Jek Siang. Matematika Diskrit daan Aplikasinya pada Ilmu Pengetahuan. (Yogyakarta: penerbit ANDI,2009).
[7]Mahmud Basuki. 2017.” Penentuan Rute Optimum Distribusi Produk Indmira Berdasarkan Jarak” Universitas Tridinanti Palembang: Mahmud Basuki. Vol. 5 No. 1.
[8]Surachmad Pratama. Perbandingan Algoritma Dijkstra dan algoritma Floyd Warshall Pada Pencarian Rute Parawisata di Kota Palembang. Vol,2. No,3.(2020)
[9]Saymour Lipschutz,MaeclarLipson. Matematika Diskrit 2 terj. Tim Editor Penerbit Salemba Mustika Edidi pertama. (Jakarta:Salemba Teknika, 2002).
[10]Sarwat Ahmad . 2018. Fiqih Jual Beli. Jakarta Selatan : Rumah Fiqih Publishing
Published
2024-01-20
How to Cite
[1]
T. A. Nurman, Risnawati Ibnas, and Alfian Nurul Hidayat, “Penerapan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Semut pada Pendistribusian Barang”, MSA, vol. 11, no. 2, pp. 77-86, Jan. 2024.
Abstract viewed = 121 times

Most read articles by the same author(s)