PENDEKATAN ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS) PADA KINERJA GURU MATEMATIKA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR DITINJAU DARI MOTIVASI KERJA, KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK

  • St Nur Humairah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui komitmen kerja, kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru matematika SMA Negeri di kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar. Adapun jumlah sampel yang terkumpul dengan menggunakan stratified purposive random sampling sebanyak 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket komitmen kerja, angket motivasi kerja, tes kompetensi profesional, tes kompetensi pedagogik, dan dokumentasi kinerja guru matematika yang menjadi sampel penelitian. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis statistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar memiliki komitmen kerja, motivasi kerja, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik berada dalam kategori sedang, sedangkan untuk kinerja guru matematika berada dalam kategori baik; (2) Motivasi kerja secara langsung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar pada  tingkat kepercayaan kurang dari 55%. Sedangkan secara tidak langsung, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar melalui komitmen kerja pada tingkat kepercayaan sekitar  98%. Selanjutnya, motivasi kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar melalui kompetensi profesional yang berada pada tingkat kepercayaan kurang dari 60%. Selain itu, motivasi kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar melalui komitmen kerja kemudian kompetensi profesional yang berada pada tingkat kepercayaan kurang dari 55%. Kemudian, motivasi kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar melalui kompetensi pedagogik yang berada pada tingkat kepercayaan kurang dari 55%. Selanjutnya, motivasi kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kinerja guru matematika SMA Negeri di Kota Makassar melalui komitmen kerja kemudian kompetensi pedagogik yang berada pada tingkat kepercayaan kurang dari 55%.

Published
2018-06-22
How to Cite
[1]
S. N. Humairah, “PENDEKATAN ANALISIS JALUR (PATH ANALYSIS) PADA KINERJA GURU MATEMATIKA SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR DITINJAU DARI MOTIVASI KERJA, KOMITMEN KERJA, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK”, MSA, vol. 6, no. 1, p. 13, Jun. 2018.
Section
Artikel
Abstract viewed = 699 times