PENGARUH METAKOGNISI, KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 GOWA

  • St Nur Humairah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
    (ID)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gowa sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu XI IPA 5 dan XI IPA 6 yang berjumlah 65 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Secara parsial variabel metakognisi berpengaruh secara  signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gowa sebesar 81,2%. (2) Secara parsial variabel konsep diri berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gowa sebesar 89,6%. (3) Secara parsial variabel kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gowa sebesar 74,4%. (4) Secara simultan variabel metakognisi, konsep diri dan kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gowa dengan koefisien determinasi R2 = 0,924 yang berarti metakognisi, konsep diri dan kemandirian belajar memberi pengaruh sebesar 92,4% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPA SMAN 1 Gowa dan sisanya sebesar 7,6% dipengaruhi oleh faktor lain

Author Biography

St Nur Humairah, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
PENDIDIKAN MATEMATIKA

References

Ayudhaningrum, Yuliana. 2017. Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. Vol. 10, No. 1, Hal 48

Budiman. 2014 Strategi Membangun Metakognisi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Daya Matematis Matematika. Vol. 3, No. 1, Hal 20

Ghufron, Nur dan Risnawati Rini. 2012. Pengaruh konsep diri, sikap siswa pada matematika, dan kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika: Cakrawala Pendidikan.

Hidayah, Muslihatul. 2015. Pengaruh konsep diri dan kecemasan belajar terhadap kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada siswa Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Barat. Jurnal Buletin Psikologi. Vol. 21, No. 1, Hal 26-27

Nurhayati. 2012. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2009/2010. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 6, No. 2. Hal 80.

Ihsan, Muhammad. 2016. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri di kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 5, No. 1, Hal 85

Ningsih, Rita & Arfatin Nurrahmah . 2016. Pengaruh Metakognisi Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jakarta: Jurnal Formatif 6(1): 73-84

Saputra. 2012. Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika SMA.

Jurnal digital library Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakata

Published
2020-07-06
How to Cite
[1]
S. N. Humairah, “PENGARUH METAKOGNISI, KONSEP DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 GOWA”, MSA, vol. 8, no. 1, pp. 5 - 11, Jul. 2020.
Abstract viewed = 4394 times