ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, EMOSI MAHASISWA, TEKANAN AKADEMIK DAN PERCEIVED ACADEMIC CONTROL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEM-PLS

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan yang berkualitas dapat dilihat dari prestasi yang dicapai, sehingga mengetahui faktor-faktor prestasi belajar merupakan hal yang penting dalam pencapaian prestasi maksimal. Dalam penelitian ini diasumsikan variabel keterampilan mengajar, emosi mahasiswa, tekanan akademik dan perceived academic control berpengaruh terhadap prestasi akademik. Dengan pendekatan statistik Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) diperoleh hasil penelitian bahwa variabel keterampilan mengajar, emosi mahasiswa, tekanan akademik dan perceived academic control tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik. Namun, keterampilan mengajar berpengaruh terhadap emosi mahasiswa, tekanan akademik dan perceived academic control. Tekanan akademik juga berpengaruh terhadap emosi mahasiswa

Author Biographies

Adnan Sauddin, Universitas Islam Negeri Alauddin
Program Studi Matematik UINAM
Nur Suci Ramadhani, Universitas Islam Negeri Alauddin
Program Studi Matematika

References

Anggresta, Vella. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang”. ECONOMICA vol 4, no. 1 (2016): h. 28. ISSN : 2302 – 1950, E-ISSN : 2460 – 190X

Harun, Irma, M. Daud dan Asniar Khumas. “Manajemen Waktu dan Stres Akademik pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Makassar”. h. 2.

Mustaqim. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2001.

You, Jiwon, Myunghee Kang dan Phoebe Pahng. “Moderating Effects of Academic Emotions between Perceived Academic Control and self-Regulated Learning in Online Courses”. E-Learn 37, no. 2 (2013): h. 2182.

Gudono, “Analisis Data Multivariat”. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta, 2015.

Gudono, “Analisis Data Multivariat”. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta, 2015.

Akter, Sahriar, dkk, “An Evaluation of PLS Based Complex Models: The Roles of Power Analysis, Predictive Relevance and GoF Index” Proceedings of the 17th Americas Conference on Information system (AMCIS2011), (2011): h. 5.

Eryanto, Henry dan Darma Rika S. “Pengaruh Modal Budaya, Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta”. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis 1, no. 1 (2013): h. 42 ISSN : 2302 - 2663

Published
2018-06-22
How to Cite
[1]
A. Sauddin and N. S. Ramadhani, “ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, EMOSI MAHASISWA, TEKANAN AKADEMIK DAN PERCEIVED ACADEMIC CONTROL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEM-PLS”, MSA, vol. 6, no. 1, p. 6, Jun. 2018.
Section
Artikel
Abstract viewed = 939 times