PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran pendidikan anak usia dini di TK Adilika sebagai salah satu Taman Kanak-kanak di provinsi Sulawesi selatan. Penelitian ini berdasarkan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel kelas B. pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara terstruktur dengan narasumber, yakni kepala sekolah TK Adilika dan guru kelas B, hasilnya diolah menggunakan teknik analisis data model interaktif, dimana analisis data dilakukan dengan empat tahapan, yaitu dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Adapun sarana dan prasarana pembelajaran alat permainan edukatif indoor meliputi: lego, puzzle, balok, ular tangga, mobil-mobilan, media gerakan shalat, mozaik, kartu bentuk dan warna, miniature rambu lalu lintas, buku bacaan, dan lain sebagainya. Sarana dan prasarana pembelajaran alat permainan edukatif outdoor meliputi: seluncuran, terowongan, jungkat-jungkit kayu, jungkat-jungkit berbentuk hewan, ayunan kursi, ayunan gantung, dan kolam pasir. Di TK Adilika memiliki 3 ruang kelas belajar, ruang kepala sekolah, ruang guru, aula, dapur, WC, kantin, dan halaman yang luas.
Downloads
References
Adipta, H., Maryaeni, H., dan Muakibatul. (2016). Pemanfataan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5): 989—992.
Alvisari, D. (2017). Efektivitas Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan Kognitif Anak di TK Tunas Harapan Desa Pagar Iman Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan Provinsi lampung. Skripsi. Lampung (ID): Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ariyanti., Muslimin, Z, M. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10 (1):58-69.
Claudia, S., Widiastuti, J. A., dan Kurniawan, M. (2018). Origami Game for Improving Fine Motor Skills for Children 4-5 Years old in Gang Buaya Village in Salatiga. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2): 143-148.
Firdaus, K. (2010). Efektivitas Permainan Flashcard dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Pra Sekolah di TK Sunan Pandan Aran Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakaryta (ID): Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Fitriani. (2015). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Taman Kanak-kanak (TK) se-Kecamatan Banguntapan yang berakreditasi “A”. Skripsi. Yogyakarta (ID): Universitas Negeri Yogyakarta.
Hasanah, U. (2019). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (ape) pada Taman Kanak-kanak di Kota Metro Lampung .Jurnal Pendidikan Anak, 5(1): 21-39.
Inawati, T. (2014). Kondisi Sarana dan Prasarana Di Taman Kanak-kanak Yayasan Wanita Kereta Api Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusumawati, D. (2017). Manajemen Sarana Prasarana di Day Care Baby’s Home Salatiga. Jurnal Scholaria, 7 (1): 17-24.
Maula, D. N. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Paud di KB TK Islam Al Azhar 29 BSB Semarang. Skripsi. Semarang (ID): UIN Walisongo.
Nurdiani, Y. (2013). Penerapan Prinsip Bermain sambil Belajar dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, 2(2): 85-93.
Patiung, D., Mujahidah, N., Nurafia, Hayati, N., Amalia, S., & Ardianti, N. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana pada Bright Star Makassar School di Kota Makassar. Nanaeke: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1 (1): 35-43.
Prasetyawan. (2016). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Studi keIslaman, 6 (1): 34-46.
Suyadi. (2017). Manajemen PAUD TPA-KB-TK/RA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tintia, N. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif Lego dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 3-4 Tahun di Creativekids and u Art Bandar Jawa Timur. Skripsi. Lampung (ID): Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).