PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA ISLAMI TERHADAP PERILAKU MORAL ANAK PADA KELOMPOK B TK CITRA SAMATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui gambaran perilaku moral anak sebelum melakukan permainan ular tangga Islami pada kelompok B TK Citra Samata, (2) untuk mengetahui gambaran perilaku moral anak setelah melakukan permainan ular tangga Islami pada kelompok B TK Citra Samata, (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan ular tangga Islami terhadap perilaku moral anak pada kelompok B TK Citra Samata. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimendengan desain penelitian one group pretest posttes design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak pada TK Citra Samata yang berjumlah 24 orang yang terbagi ke dalam 4 kelas (kelas A, B1, B2, dan B3). Jumlah sampel adalah sebanyak 24 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Sampling Jenuh, dimana semua jumlah populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perilaku moral anak sebelum melakukan permainan ular tanggga Islami pada kelompok B TK Citra Samata berada pada kategori Sedang dengan rentang nilai 16-29 dengan nilai rata-rata 18. (2) Perilaku moral anak setelah melakukan permainan ular tangga Islami pada kelompok B TK Citra Samata berada pada kategori Tinggi dengan rentang nilai 34-37 dengan nilai rata-rata 35. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah melakukan permainan ular tangga Islami maka terdapat pengaruh positif terhadap perilaku moral anak pada kelompok B TK Citra Samata.
Downloads
References
Abdullah. Pendidikan Anak dalam Islam. Solo: Insan Kamil Solo. 2013.
Agustiningsih, Ririen. “Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2005. https://lib.unnes.ac.id/539/1/1195.pdf. (Diakses bulan Agustus 2019).
Aini Nuraidah, Pengaruh Film Animasi. FKIP UMP. 2017.
Fiahliha, Annisa. “Implementasi Pengembangan Nilai Agama Moral pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan di Tk Aisyiyah 1 Sawahan Ngemplak Boyolali”. Skripsi. Surakarta: IAIAN Surakarta. 2017. http://eprints.iainsurakarta.ac.id/1431/1/Full.pdf (Diakses bulan Juli 2019).
Gunarsa, D, Singgih dan Gunarsa, Y. Singgih. Psikologi Perkembangan, Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. https://books.google.co.id/books?id=qI7V4VHByQ0C&pg=PA2&dq=singgih+psikologi+perkembangan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiwh9zdzqTpAXt6nMBHX48DdAQ6AEIQzAF (diakses bulan Agustus 2019).
Ibung, Dian. Mengembangkan Nilai Moral pada Anak. Jakarta: PT Elex Media.2009.
Julianti, Ratna, dkk. “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah”, Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 3 no 1 (November 2017). https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/256525-pelaksanaan-perilaku-hidup-bersih-fan-se977619ca.pdf&ved=2ahUKEwiSzcOQwJX0AhWScn0KHRKICvwQFjAAeg
Khaironi, Mulianah. “Pendidikan Moral pada Anak Usia Dini”. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi Vol.01 No. 1, (Juni 2017). https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/479&ved=2ahUKEwjtsrSv06TpAhUL8XMBHRlBr8QFjAAegQIBRAC&usg=AOvVaw0BPCq8sbxYOJeg25b7KGy8 (diakses bulan September 2019).
Kosasih dan Fithry Rahamania. “Perilaku Moral Anak Usia 4-5 Tahun di Taman Kanak-kanak”, JISI UMJ vol. 1 no. 1 (2013). https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.neliti.com/id/publications/101977/perilaku-moral-anak-usia-4-5-tahun-dtamankanak&ved=2ahUKEwjwns306TpAhVbX30KHR0JBfEQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw2weWTwKu1GNtCMVEjMXBzM (diakses bulan nSeptember 2019).
Latif, Muktar, dkk. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana, 2013.
Nuraidah, Ani. Pengaruh Film Animasi. FKIP UMP, 2017. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.ump.ac.id/4049/1/ANI%2520NURAIDAH%2520COVER.pdf&ved=2ahUKEwjeoeSa1KTpAhVTX30KHWxLBI4QFjAAegQIBxAB&usg=AOvVaw1_KTxM3ffMjr0WkeQSUUz (diakses bulan September 2019).
Nur fitri, Afifah, dkk. “Peran Orang Tua dalam Penanaman Disiplin pada Anak Usia
Prasekolah melalui Pembiasaan di Kelurahan Cihaurgeulis Bandung”, Jurnal FamilyEdu, vol. II no. 2 (Desember 2016). https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu?article/download/4805/336&ved=2ahUKEwjh8I_cmJXoAhXP7HMBHZ6RCKsQFJADegQIBhAB&usg=AOvVaw0hYqIHaA0BtBPpPzM3Hk&cshid=158402523285 (diakses bulan Maret 2020).
Purnama, Sigit, Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana, 2016.
Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenamedia Group, 2012.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).