ANALISIS PENERAPAN METODE TABARAK MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 DI SEKOLAH TAHFIDZ AL-HUSNA BALITA DAN ANAK MAKASSAR

  • Tendri Herma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Umi Kusyairy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh Rusdi T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran, faktor pendukung serta faktor penghambat penerapan metode Tabarak dalam menghafal al-Qur’an pada juz 30 di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita dan Anak Makassar. Sumber data penelitian adalah ketiga ustadzah yang mengajar metode Tabarak kelas Balita, kepala sekolah dan ustadzah berlisensi yang memvalidasi prosesnya. Instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman (reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran metode Tabarak dalam menghafal al-Qur’an di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita dan Anak Makassar memiliki buku pedoman khusus yang disusun oleh  Kamil el-Laboody. Pelaksanaannya dengan mentalqinkan anak bacaan al-Qur’an dan muraja’ah hafalan dengan memperdengarkan murattal yang memanfaatkan media elektronik (TV, MP3, Speaker, dan MIC); 2) faktor pendukung yaitu ruangan kondusif, ustadzah yang ramah, tahsin dan tahfidz ustadzah yang bagus, sarana dan prasarana memadai, serta dukungan orangtua dalam menghafal al-Qur’an; 3) faktor penghambat yaitu anak kurang fokus karena bermain dalam kelas, anak yang terlambat atau tidak hadir ke sekolah, kesibukan orangtua sehingga kurang terkontrolnya muraja’ah hafalan anak di rumah, ketiga ustadzah yang belum berlisensi, serta sekolah tidak menerapkan 2 file video yang ada pada metode Tabarak (Tikror dan muraja’ah) sehingga tidak maksimal terutama kedisiplinan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tendri Herma, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Umi Kusyairy, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Ahmad, A. A. (2017) Usia Para Ulama Ketika Hafal al-Qur’an, Ma’had Tahfidz al-Qur’an. Artikel (Online),(http://www.ummuwaraqah.com/2017/11/usia-para-ulama-ketika -hafal-al-quran.html, diakses 15 Mei 2020).

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang anak, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. PGPAUD Universitas Muhammadiyah Purwakerto (Online), Vol. 8 No. 1 Tahun 2016 (http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/943/881, diakses 29 Juni 2020).

Aziz, A. J. (2017). Pengaruh Menghafal al-Qur’an Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi, Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini (Online), Vol. 2 No. 1 Tahun 2017 (http://ejournal.uin suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1357, diakses 29 Juni 2020)

Gade, F. (2014). Implementasi Metode Takrar dalam Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an. Jurnal Didaktika (Online), Vol. XIV No. 2 Tahun 2014 (http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/512/428, diakses 16 Juni 2019).

Hasyim, L. S. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam Perspektif Islam, STAI Miftahul ‘Ula Kertosono Nganjuk. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi (Online), Vol. 1 No. 1 Tahun 2015 ( http://ejournal.uin suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1357, diakses 29 Juni 2020).

Hidayah, A. (2017). Metode Tahfidz al-Qur’an untuk Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta, Jurnal Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an dan Hadis (Online), Vol. 18 No. 1 Tahun 2017 (http://ejournal.uin suka.ac.id/ushuluddin/alquran/article/download/1503/1243, diakses 29 Juni 2020).

Hariyanti, W.E. ( 2017). Metode Menghafal Al’Qur’an Pada Anak Usia Dini Tesis (Online), Yogjakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga. (http://digilib.uin-suka.ac.id/26683/1/1520431001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf, diakses 20 Juni 2019).

Iryani, E. (2017). Al-qur’an dan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (Online), Vol. 17 No. 03 Tahun 2017 (https://media.neliti.com/media/publications/225319-al-quran-dan-ilmu-pengetahuan-86bc1365.pdf, diakses 14 Juni 2019).

Khoiriyah, N. (2016). Metode menghafal Al-qur’an. Skripsi (Online). Salatiga: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan IAIN Salatiga (http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1456/1/skripsi.pdf, diakses 19 Juli 2019).

Khomaeny, F. F. E. R. Hikmah N.R. Yunitasari, N. dan Maulana A. (2018). Bermain Ludo King untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan: Early Childhood (Online), Vol. 2 No. 2 Tahun 2018 (https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/285, diakses 29 Juni 2020).

Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., dan Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lubis, A. M. dan Ismet, S. (2019). Metode Menghafal al-Qur’an pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang. Journal on Early Childhood (Online), Vol. 2 No. 2 Tahun 2019 (https://aulad.org/index.php/aulad/article/view/30, diakses tanggal 1 maret 2020).

Masduki, Y. (2018). Implikasi Psikologi Bagi Penghafal Al-qur’an. Jurnal Medina Te (Online), Vol. 18 No. 01 Tahun 2018 (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate/article/view/2362/1747, diakses 11 Juli 2019).

Masyhud, R. F. dan Husnur, I. (2016). Rahasia Sukses 3 Hafidz Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta: Zikrul.

Mufarizuddin, F.M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Online), Vol. 2 Issue 2 Tahun 2018 (https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/76/78, diakses 29 Juni 2020).

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan (Online), Vol. 1 No. 1 Tahun 2013 (http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/536, diakses 29 Juni 2020).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sayyid, S. A. (2013). Balita pun Hafal al-Qur’an. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Samuel. (2017), Tujuan Pendidikan yang Penting untuk Diketahui, Surabaya: Universitas Ciputra (Online), (http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/25/tujuan-pendidikan-yang-penting-untuk-diketahui, diakses 29 Juni 2020).

Yulidesni, Kurniah, N., dan Novrinda. (2017). Peran Orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan, PG- PAUD FKIP UNIB, Jurnal Potensia (Online), Vol. 2 No. 1 Tahun 2017 (https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/download/3721/1969, diakses 29 Juni 2020).

Qomariah, N. dan Irsyad, M. (2016). Metode Cepat dan Mudah agar Anak Hafal Al-Qur’an. Yogjakarta: Semesta Hikmah.

Published
2020-06-30
How to Cite
Herma, T., Kusyairy, U., & T, M. R. (2020). ANALISIS PENERAPAN METODE TABARAK MENGHAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 DI SEKOLAH TAHFIDZ AL-HUSNA BALITA DAN ANAK MAKASSAR. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37-48. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14332
Section
Artikel
Abstract viewed = 2599 times