MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING

  • Nurhidayat Nurhidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Darma Wanita Desa Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto sebelum diberikan kegiatan menggunting, (2) kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Darma Wanita Desa Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto setelah diberikan kegiatan menggunting dan, (3) pengaruh kegiatan menggunting pada perkembangan motorik halus anak  kelompok B di TK Darma Wanita Desa Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang dengan teknik pengambilan sampel jenuh yaitu sebanyak 10 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, format dokumentasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kemampuan motorik halus anak sebelum melakukan kegiatan menggunting pada kelompok B di TK Darma Wanita Desa Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto berada pada kategori sedang dengan nilai 30-48 dengan nilai rata-rata 37,350. (2) Kemampuan motorik halus anak setelah melakukan kegiatan menggunting pada kelompok B di TK Darma Wanita Desa Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto berada pada kategori tinggi dengan rentang nilai 62-84 nilai rata-rata 78,900.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Afiif, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Dahlia Patiung, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Aisyah, Yunita Wirawati. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Menggunting Pola Garis Lurus, Miring, Lengkung dan Lingkar di Kelompok A.1 RA Ma’arif Kecandran Salantiga Tahun 2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam Negeri Salatiga.

Afandi, Achmad. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan. Ponogoro: Uwais Inspirasi Indonesia.

Dacholfany, Ihsan & Uswatun Hasanah. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam . Jakarta: AMZAH.

Ihsan, Fuad. (2003). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Indrijati Herdina. 2016. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniawati, Isnaini & Nurhenti Dorlina Simatupang. (2018). Pengaruh Kegiatan Menggunting Kertas Peklangi Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Aisyiyah III Nganjuk. Jurnal PAUD Teratai, 7 (1).

Mansur. (2014). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahnim, Baiq. 2019. Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri pada Kelompok B TK PGRI 10 Sukadana. Jurnal Edukasi dan sains, 1(2).

Paujiah. (2019). Stimulasi Motorik Halus pada Kegiatan Menggunting Kelompok A di PAUD Jannatul Athfal Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Keguruan (JTIK) Borneo, 1(1).

Rezeki, Sri. (2018). Pengaruh Kegiatan Menggunting Terhadap kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Anak Bangsa Mandiri, Kecamatan Labuhan Deli T.A 2017/2018. Jurnal Usia Dini, 4(1).

Sari, Effi Kumala. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase dari Bahan Bekas di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Simpang IV. Jurnal Pesona PAUD, 1(1): 1-11. http:// ejournal.unp.ac.id.(Diakses 11 Desember 2018).

Indraswari, Lolita. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozalik di Taman Kanak-kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1).

Sarina., Muhammad Ali., & Halida. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Aisyiyah 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(11).

Laily, Safitri. (2018). Implementasi Kegiatan Menggunting Pola Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di TK Apik Darussalam Langkapura Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Repository.radenintan.ac.id. (Diakses 15 september 2019).

Suryana, Dadan. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini: Perkembangan Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana.

Surbakti. 2008. Awas Tayangan Televisi Tayangan Misteri dan Kekerasan Mengancam Anak Anda. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jannah, Wardatul. 2019. Meningkatkan kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Menggunting Bentuk Geometri pada Kelompok B TK PGRI 10 Sukadana. Jurnal Edukasi dan sains, 1(3).

Yulianto, Dema., & Titis Awalia. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus RA Al-Hidayah Nanggung Kecamatan Prambotan Kabupaten Nganjuk Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal PINUS, 2(2).

Published
2020-12-29
How to Cite
Nurhidayat, N., Afiif, A., & Patiung, D. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 101-110. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.16130
Section
Artikel
Abstract viewed = 1698 times