PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT PADA ANAK USIA DINI

  • Hardianti Hardianti Universitas Islam Negeri Uin Alauddin
    (ID)
  • M. Rusdi Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Umi Kusyairy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas mengenai keterampilan salat peserta didik sebelum penerapan metode demonstrasi pada kelompok B TK Pusat PAUD Tunas Inti Baturappe Gowa, keterampilan salat peserta didik setelah penerapan metode demonstrasi pada kelompok B TK Pusat PAUD Tunas Inti Baturappe Gowa, serta pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap keterampilan salat peserta didik pada kelompok B TK Pusat PAUD Tunas Inti Baturappe Gowa. Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Populasi penelitian berjumlah 46 orang dengan sampel penelitian sebanyak 18 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan salat peserta didik sebelum penerapan metode demonstrasi pada kelompok B TK Pusat PAUD Tunas Inti Baturappe Gowa berada pada kategori rendah, keterampilan salat peseta didik setelah penerapan metode demonstrasi pada kelompok B TK Pusat PAUD Tunas Inti Baturappe Gowa berada pada kategori sedang, serta terdapat pengaruh penerapan metode demonstrasi pada kelompok B TK Pusat PAUD Tunas Inti Baturappe Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Hardianti Hardianti, Universitas Islam Negeri Uin Alauddin
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
M. Rusdi Tahir, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Umi Kusyairy, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar (Online), Vol. 8 No.1 Tahun 2016 (https://www.google.com/url?sat=t&source=web&rct=j&url=http://jurnalnasional.ump.ac.id, diakses 16 September 2019).

Amaliya, N.D. (2017). Pendidikan Keluarga dalam Al-Qur’an Surat Luqman Ayat 17. Skripsi. Tidak diterbitkan (Online, http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1970/1/SKRIPSI%20ama.%20pdf.pdf, diakses 16 September 2019).

Husein, T. (2013). Mushaf Al-Kamil Al-Qur’an dan Terjemahannya Disertai Tema Penjelasan Kandungan Ayat. Jakarta: CV. Darus Sunnah.

Miller, P.H. (1993). Theories of Developmental Psychology. New York: WH. Freeman and Company.

Nisa, Y. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Praktik Shalat melalui Metode Demonstrasi Dipadu Media Peraga Visual pada Kelompok A di TK RA Muslimat NU Salam I Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Tidak diterbitkan (Online, http://digilib.uin-suka.ac.id/14005/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf, diakses 19 September 2019)

Rifa’i, M. (2010). Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT. Karya Toha.

Sumiani, Yusuf, A., dan Lestari, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Shalat Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha pada Anak Usia5-6 Tahun. Artikel Penelitian. (Online, https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnaluntan.ac.id, diakses 22 September 2019).

Widiawati. (2012). Peranan Tutor dalam Menanamkan Pembiasaan Solat pada Anak di PAUD Rudhotul Ilmi Cimahi. Jurnal Empowerment (Online), Vol. 1 No. 2 Tahun 2012 (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http:/e-journal.stkipsiliwangi.ac.id, diakses 23 September 2019)

Wulandari, E. (2014). Penerapan Metode Praktek untuk Meningkatkan Keterampilan Shalat Sisa Kelompok B PAUD Terpadu Jabal Rahmah Banguntapan Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan (Online, http://digilib.uin-suka.ac.id/14069/, diakses 19 September 2019).

Yusuf, M. (2014). Meningkatkan Kemampuan Melaksanakan Shalat melalui Metode Demonstrasi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel Penelitian (Online, https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.untan.ac.id//index.php/jpdpb/article/view/82802&ved=2ahUKEwiksoCv2-PIAhWafysKHYKkC6YQFjAAegQIAhAB&usg=AOvVaw3BaYPxtRGx91u7kE-27wAN, diakses 19 September 2019).

Published
2020-12-29
How to Cite
Hardianti, H., Tahir, M. R., & Kusyairy, U. (2020). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT PADA ANAK USIA DINI. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(2), 80-89. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.18116
Section
Artikel
Abstract viewed = 668 times