MANAJEMEN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PUSAT TUMBUH KEMBANG ANAK PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI ALAUDDIN MAKASSAR

  • Sitti Mania Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurbaeti Syam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Shermila Shermila Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani K Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penataan atau pengelolaan desain lingkungan Pendidikan Anak UsiaDini(PAUD) baik lingkungan psikismaupun fisik (indoor dan outdoor)di Pusat Tumbuh Kembang Anak(PTKA) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Alauddin Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan satu subjek yakni guru PTKA PIAUD Alauddin. Kabupaten Gowa. Data dikumpulkan menggunakan tehnik wawancara terstruktur yang hasilnya menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PTKA PIAUD Alauddin berusaha menciptakan lingkungan psikis melalui pendekatan guru terhadap peserta didik agar anak merasa nyaman ketika berada di sekolah. Sedangkan untuk desain lingkungan fisik(indoor dan outdoor)guru selalu mengedepankan prinsip pengelolaan Lingkungan PAUD yakni: keserasian, keseimbangan, keamanan, dan kesatupaduan. Lingkungan outdoor cukup luas untuk anak bereksplorasi, terdapat beberapa alat permainan edukatif yang dapat mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak seperti perosotan, tempat climbing, rumah-rumahan serta terowongan. Lingkungan indoor terdiri dari beberapa ruangan yaitu ruangan belajar, ruangan tidur dan toilet.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sitti Mania, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Nurhasanah Nurhasanah, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Nurbaeti Syam, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Shermila Shermila, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fitriani K, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

Arianto, Miftahcul Rizqi. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar terhadap Perilaku Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Masehi PSAK Ambarawa.Skripsi. https://lib.unnes.ac.id/22214/1/7101411324-s.pdf.

Evertson, Carolyn M. & Emmer, Edmund T. (2011). Manajemen Kelas untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Hidayatulloh, M.Agung. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 Nomor 1 April 2014. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/574.

Latif, M., Zubaidah, R., Zukhairina, Afandi, M. (2013). Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Mariyana, Rita & Setiasih, Ocih. (2018). Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak. Pedagogia : Jurnal Ilmu Pendidikan. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedagogia/article/view/11020.

Mulyasa, H.E. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prapsiwi, Dwi. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Negeri Pembina Boyolali). http://eprints.ums.ac.id/24302/13/02_Artikel_Publikasi.pdf.

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Published
2018-12-31
How to Cite
Mania, S., Nurhasanah, N., Syam, N., Shermila, S., & K, F. (2018). MANAJEMEN DESAIN LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI PUSAT TUMBUH KEMBANG ANAK PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI ALAUDDIN MAKASSAR. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 44-52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v1i1.6904
Section
Artikel
Abstract viewed = 1761 times