Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Kartu Wayang Pada Anak Usia Dini
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengenal angka pada anak sebelum diterapkan media kartu wayang, mengambarkan kemampuan mengenal angka pada anak setelah diterapkan media kartu wayang, dan mengetahui perbedaan kemampuan mengenal angka melalui penggunaan media kartu wayang pada anak usia dini di TK Yaspib Pertiwi Kecamatan Bontolempangang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan sampling jenuh. Jumlah sampling yang diambil adalah seluruh siswa kelompok A TK Yaspib Pertiwi Kecamatan Bontolempangang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan, lembar tes, dan ceklis. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka sebelum diterapkan media kartu wayang pada anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 6, kemampuan mengenal angka setelah diterapkan media kartu wayang memperoleh nilai rata-rata sebesar 12, dan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan mengenal angka pada anak usia di TK Yaspib Pertiwi Kecamatan Bontolempangang setelah diterapkan media kartu wayang. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pada anak dalam mengenal angka, pendidik dapat menerapkan media kartu wayang dalam kegiatan pembelajaran serta dapat menjadi referensi awal bagi peneliti.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).