Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Media Kartu Wayang Pada Anak Usia Dini

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Rusdi T
    (ID)
  • Wahyuni Ismail Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Susniawan Susniawan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ade Agusriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-9546-0071

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran  kemampuan mengenal angka pada anak sebelum diterapkan  media kartu wayang, mengambarkan kemampuan mengenal angka pada anak setelah diterapkan media kartu wayang, dan mengetahui perbedaan kemampuan mengenal angka melalui penggunaan media kartu wayang pada anak usia dini di TK Yaspib Pertiwi Kecamatan Bontolempangang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan sampling jenuh. Jumlah sampling yang diambil adalah seluruh siswa kelompok A TK Yaspib Pertiwi Kecamatan Bontolempangang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan, lembar tes, dan ceklis. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan mengenal angka sebelum diterapkan  media kartu wayang pada anak usia dini memperoleh nilai rata-rata  6, kemampuan mengenal angka  setelah diterapkan media kartu wayang memperoleh nilai rata-rata sebesar 12, dan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan mengenal angka pada anak usia di TK Yaspib Pertiwi Kecamatan Bontolempangang setelah diterapkan media kartu wayang. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan pada anak dalam mengenal angka, pendidik dapat menerapkan media kartu wayang dalam kegiatan pembelajaran serta dapat menjadi referensi awal bagi peneliti.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 172 times