Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Kartu Uhipa Pada Anak Kelompok B
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui permainan kartu Uhipa meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B. Kegiatan belajar untuk anak usia dini biasanya melibatkan bermain. Kegiatan berhitung merupakan dasar komunikasi manusia, maka dari itu kemampuan berhitung sangat penting di ajarkan sedari dini. Apabila anak tidak mampu berhitung dengan baik maka akan menghambat interaksi dengan individu atau kelompok lain. Namun faktanya observasi pada 20 anak di TK Dharma Wanita Pacing kelompok B menunjukkan bahwa kemampuan berhitung belum berkembang. Maka dari itu peneliti membuat sebuah terobosan baru berupa permainan kartu Uhipa. Permainan kartu Uhipa ini menggunakan media berupa kartu angka dan kartu gambar yang terbuat dari karton tebal yang mudah di temukan di wilayah yang akan di teliti. . Permainan kartu Uhipa ini merupakan inovasi baru permainan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Penelitian Tindakan mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart (perencanaan, tindakan, observasi, refleksi). Berdasarkan hasil validasi, persentase kelayakan permainan kartu Uhipa adalah 85% yang masuk dalam pencapaian kriteria 75% - 100% menunjukkan bahwa permainan tersebut sangat valid dan dapat di gunakan tanpa revisi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).