Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Alphabet Book Pada Kelompok A
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagaimana media alphabet book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak pada kelompok A di TK Dharma Wanita 2 Pelang Lor Kedunggalar; 2) untuk mengetahui apakah media alphabet book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 2 Pelang Lor Kedunggalar.Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah TK Dharma Wanita Pelanng-Lor, Ngawi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Darma Wanita 2 Pelang Lor Kedunggalar Ngawi yang berjumlah 11 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran melalui media alphabet book dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada kelompok A di TK Dharma Wanita 2 Pelanglor. Terlihat pada kegiatan yang dilakukan yaitu pada siklus 1dengan tema tanaman sub tema tanaman buah kegiatannya yaitu anak membunyikan huruf alphabet, mengurutkan huruf, menyebutkan simbol huruf.Untuk siklus 2 kata yang digunakan lebih Panjang seperti kata “s-a-w-o” dalam kegiatan ini anak bermain sesuai dengan aturan pada siklus 1 dan 2. 2) peningkatan bahasa anak melalui kegiatan bermain alphabet book pada anak kelompok A TK Dharma Wanita 2 Pelanglor ditunjukkan dari meningkatnya hasil kegiatan pembelajaran kegiatan dari anak melalui presentase data pra siklus sebesar 27% yaitu 3 anak yang tuntas dari jumlah keseluruhan 11 anak. siklus 1 sebesar 54% yaitu 6 anak dari jumlah keseluruhan 11 anak. siklus 2 sebesar 82% yaitu 9 anak dari keseluruhan 11 anak. sedangkan anak yang tidak tuntas sebanyak 2 anak presentase 18%.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).