Penerapan Keteladanan dalam Pembentukan Akhlak Terpuji pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal

  • Duriani Universitas Muhammadiyah Palopo
    (ID)
  • Ghina Raudhatul Jannah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Shabir U Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Yusuf T Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Kustiah TK Aisyiyah Bustanul Athfal Minasa Upa Kota Makassar
    (ID)
Kata Kunci: Exemplary Method, Commendable Morals, Character Education

Abstrak

Peran guru sangat penting bukan hanya dalam menstimulasi kognitif anak tapi juga dalam hal menjadi figur teladan untuk membentuk karakter peserta didik agar memiliki akhlak terpuji. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode keteladanan guru dalam pembentukan akhlak terpuji peserta didik di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Minasa Upa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi pada peserta didik dan wawancara pada guru. Fokus penelitian terletak pada penerapan metode keteladanan guru dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. Analisis data menggunakan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode keteladanan guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Minasa Upa diterapkan melalui berbagai program pembiasaan yang terintegrasi dalam kegiatan sehari-hari. Program tersebut meliputi pembiasaan salat tepat waktu secara berjamaah, bertutur kata yang baik dan santun kepada teman maupun guru, menjaga kebersihan dan kerapian diri serta lingkungan sekolah, menanamkan sikap saling menolong dalam kehidupan sehari-hari, serta membudayakan sikap saling memaafkan untuk menciptakan hubungan yang harmonis. Selain itu, nilai-nilai akhlak terpuji seperti kejujuran, rasa tanggung jawab, kesabaran, kedisiplinan, dan penghormatan terhadap orang lain juga ditanamkan melalui keteladanan yang konsisten dari para guru. Program-program ini dirancang tidak hanya untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak terpuji, tetapi juga untuk menciptakan suasana sekolah yang kondusif sebagai lingkungan pembelajaran berbasis nilai-nilai moral dan spiritual.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.

Anggraini, Y., Suryadi, D., & I. (2021). Peran Guru dalam Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif Di TK Gugus Lavender Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 2(1), 41–50.

Anisah, A. S. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70–84.

Ardianyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arifin, M. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Bumi, A. R., Putri, A., Insyiah, I. N., Lutfiani, N., & Juwita, N. J. (2023). Pola Komunikasi: Apakah Berpengaruh Terhadap Tipe Kepribadian di Kalangan Masyarakat. Artikulasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 71–77.

Dahlan. (2016). Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Yogyakarta: Deepublish.

Derajat, Z. (2005). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Haidar, P. D. (2016). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Kencana.

Iskandar, E. (2016). Membaca Dua Pemikiran Tokoh. Pekan Baru: Zanafa Publishing.

Iswari, N., & Hartini, S. (2017). Implementasi Keteladanan Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Patoni, A. (2004). Metodologi Pendidikan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Bina Ilmu.

Pradina, Qonita, Aiman Faiz, dan D. Y. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 4118–25.

Suhono, & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini (Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah al-Aulad fi al-Islam). Elementary, 3(2), 107–119.

Sumarni, & Ali, M. (2020). Nilai-Nilai Moral Anak Usia Dini Dalam Buku Dongeng Karakter Utama Anak Usia Dini Seri Taat Beragama. JPA, 21, 189–199.

Suyadi, S., & Sukmadinata, N. S. (2009). Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan.

Ulwan, A. N. (1999). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, terj. Saifullah Kamalia & Hery Noer Ali. Jakarta: Pustaka Asy-Syifa’.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 230.

Wardati, A. R. (2019). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Usia Sekolah Dasar Menurut Ibnu Miskawaih. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 71.

Yanti, S. (2021). Analisis Perkembangan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Pada Tayangan Film Animasi Nussa Dan Rarra. Jurnal Tazkirah:Transformasi Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 924–938.

Diterbitkan
2024-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 23 times