Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Eksperimen Mengenali Beragam Rasa
Abstrak
Sains adalah pengetahuan yang sistematis yang diperoleh melalui serangkaian percobaan dan pengamatan yang dapat diuji secara lebih lanjut. Pada anak usia dini, sains sederhana dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, mendorong pemikiran dan perbuatan seperti mengamati, berpikir, dan mengaitkan konsep atau peristiwa. Melalui pembelajaran sains dengan melakukan sebuah eksperimen sederhana pada anak usia dini mampu meningkatkan aspek pekembangan anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan kognitif anak usia dini di TK Negeri Pembina Ampenan melalui ekperimen mengenali macam-macam rasa. Metode penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai terjadinya tindakan pada siklus I dan II. Sebelum diberi tindakan berada pada kategori belum berkembang dengan nilai 38,05%, setelah dilakukan tindakan di siklus I berkembang sesuai harapan dengan persentase 72,52%, dan mengalami peningkatan menjadi berkembang sangat baik di siklus II dengan persentase 90.28%. Dari data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran sains melalui percobaan sederhana mengenali rasa, dapat meningkatkan kemammpuan kognitif anak usia dini secara maksimal.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Archer, L., Dewitt, J., & Wong, B. (2014). Spheres of influence: What shapes young people’s aspirations at age 12/13 and what are the implications for education policy? Journal of Education Policy, 29(1), 58–85.
Astuti, Yeni., & N. (2023). Pengembangan Kemampuan Sains Anak melalui Metode Eksperimen di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5329–5342. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5247
Bahtiar. (2020). Evaluasi Pembelajaran Sains. Sanabil Publishing.
Dwihastuti. (2021). Meningkatkan Pemahaman Anak terhadap Macam-macam Rasa dengaan Menggunakan Metode Eksperimen di Taman Kanak-kanak Pertiwi Padas Kelompok B. Wawasan Pendidikan, 1(1), 77–83.
Fauziyah, A. I., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat pada Kelompok B di TK Labschool UNESA. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–9.
Izzuddin, A. (2019). Sains Dan Pembelajarannya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. IKAPI.
Mahyuddin, N. (2021). Modul Pembelajaran Sains Anak Usia Dini untuk Anak TK 4-6 Tahun. CV. DOTPLUS Publisher.
Melisa, Trilia., & Z. (2024). Penerapan Pembelajaran Sains di Taman Kanak-Kanak Negeri II Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. PT. Rineka Cipta.
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press.
Nurlaela, E. (2023). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Wistara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Sastra`, 4(2), 102–110.
Rakimahwati, R., Lestari, N. A., & Hartati, S. (2018). Pengaruh Kirigami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 98. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.13
Rostina., Said, Arsyad., &, & Syamsidar. (2021). Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Membedakan Macam-Macam Rasa Melalui Metode Demonstrasi di Kelompok A TK Posimpotove Tawaeli. Jurnal Kolaboratif Sains, 4(2), 72–87. https://doi.org/10.56338/jks.v4i2.1781
Safira, Ajeng Rizki., & Ayunda, S. I. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia.
Saputro, et al. (2021). Pembelajaran Sains. Yayasan Kita Menulis.
Suhardjono. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Suryameng, & Marselina, T. Y. (2019a). Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Santa Yohana Antida 2. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46–58.
Suryameng, & Marselina, T. Y. (2019b). Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini di TK Santa Yohana Antida 2 Sintang. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 46–58.
Utami, P. (2010). Jus Untuk Kecerdasan, Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh Anak. Agro Media Pustaka.
Wina, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Yaswinda., & Putri, D.M.E., & I. (2023). Pembelajaran Sains Berbasis Pemanfaatan Lingkungan untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 94–103. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2842
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).