IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA SATUAN PAUD

  • Ade Agusriani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hading Hading Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hilda Ayu Wahdaniah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Siti Hardiyanti Syarif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dila Rizki Amalia Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Ismi A. Arsyad Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi manajemen peserta didik di TK Pertiwi Malaka Jl. Massusungan DG Matutu Desa Malaka, Kec. Tondong Tallasa, Kab. Pangkep. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif  dengan objek penelitian adalah seorang guru TK Pertiwi Malaka dengan teknik pengumpulan datamelalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Pertiwi Malaka telah memenuhi  standar dalam manajemen peserta didik yaitu: a) Tahapan pertama perencanaan peserta didik dengan melakukan analisis kebutuhan peserta didik dengan mempertimbangkan rasio jumlah ruang kelas, jumlah guru dan murid. b) Kehadiran dan ketidak hadiran  peserta didik disebut dengan istilah absensi disekolah. c) Pencatatan dan pelaporan peserta didik dapat dimulai dari anak masuk sekolah sampai anak lulus/tamat sekolah. d) Pelaksanaan tata tertib peserta didik yaitu pakaian seragam sekolah sudah menjadi kewajiban bagi setiap peserta didik. e) Evaluasi kegiatan peserta didik dilakukan melalui beberapa cara  yakni observasi, wawancara dan portofolio. f) Pembiayaan peserta didik. g) Kelulusan dan alumni peserta didik di buktikan dengan pemberian ijazah saat lulus.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alwi, Besse Marjani., Ramadani, Suci., Suhanir., Safira, Zulaika., & Herma, Tendri. (2018). Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do’a Ibu. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 1(1): 53-62

Annas, Annis Nuraisyah. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritul Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2): 132-142

Badrudin.(2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.

Hardianti, Leli Siti. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Journal Pendidikan Uniga, 2 (1): 1-8

Junaidi. (2015). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada Man Beringin Kota Sawahlunto. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1): 37-46

Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Idaarah , 1 (2): 257-267

Kristiawan, Muhammad., Safitri, Diana., Lestari, Rena. (2017). Manajemen Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish.

Noor, Fu'ad, Arif. (2015). Manajemen Peserta Didik Raudlatul Athfal (RA). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 4 (2): 129-164

Nuryanta, Nanang. (2015). Reorientasi Pendidikan Nasional Dalam Menyiapkan Daya Saing Bangsa. Jurnal el-Tarbawi. 8 (2): 111-130

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak.

Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 9 (1): 1-5

Sulastri, Lilis. (2014). Manajemen. Bandung: La Goods Publishing.

Suwardi, Daryanto. (2017). Manjemen Peserta Didik.Yogyakarta: Gava Media.

Suminar, Wahyu. (2018). Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Madrasah Aliyah NegeriI (MAN) Pacitan. Jurnal Muslim Heritage, 2(2): 389-406

Diterbitkan
2019-12-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 1123 times