IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK PADA SATUAN PAUD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi manajemen peserta didik di TK Pertiwi Malaka Jl. Massusungan DG Matutu Desa Malaka, Kec. Tondong Tallasa, Kab. Pangkep. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah seorang guru TK Pertiwi Malaka dengan teknik pengumpulan datamelalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Pertiwi Malaka telah memenuhi standar dalam manajemen peserta didik yaitu: a) Tahapan pertama perencanaan peserta didik dengan melakukan analisis kebutuhan peserta didik dengan mempertimbangkan rasio jumlah ruang kelas, jumlah guru dan murid. b) Kehadiran dan ketidak hadiran peserta didik disebut dengan istilah absensi disekolah. c) Pencatatan dan pelaporan peserta didik dapat dimulai dari anak masuk sekolah sampai anak lulus/tamat sekolah. d) Pelaksanaan tata tertib peserta didik yaitu pakaian seragam sekolah sudah menjadi kewajiban bagi setiap peserta didik. e) Evaluasi kegiatan peserta didik dilakukan melalui beberapa cara yakni observasi, wawancara dan portofolio. f) Pembiayaan peserta didik. g) Kelulusan dan alumni peserta didik di buktikan dengan pemberian ijazah saat lulus.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Alwi, Besse Marjani., Ramadani, Suci., Suhanir., Safira, Zulaika., & Herma, Tendri. (2018). Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Anak Usia Dini Do’a Ibu. Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education, 1(1): 53-62
Annas, Annis Nuraisyah. (2017). Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritul Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5 (2): 132-142
Badrudin.(2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.
Hardianti, Leli Siti. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisplinan Belajar Siswa (Penelitian Deskriftif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Journal Pendidikan Uniga, 2 (1): 1-8
Junaidi. (2015). Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik Pada Man Beringin Kota Sawahlunto. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1): 37-46
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Idaarah , 1 (2): 257-267
Kristiawan, Muhammad., Safitri, Diana., Lestari, Rena. (2017). Manajemen Pendidikan. Sleman: Penerbit Deepublish.
Noor, Fu'ad, Arif. (2015). Manajemen Peserta Didik Raudlatul Athfal (RA). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 4 (2): 129-164
Nuryanta, Nanang. (2015). Reorientasi Pendidikan Nasional Dalam Menyiapkan Daya Saing Bangsa. Jurnal el-Tarbawi. 8 (2): 111-130
Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak.
Suharni. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Pada PAUD Bintang Rabbani Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Potensia, 9 (1): 1-5
Sulastri, Lilis. (2014). Manajemen. Bandung: La Goods Publishing.
Suwardi, Daryanto. (2017). Manjemen Peserta Didik.Yogyakarta: Gava Media.
Suminar, Wahyu. (2018). Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Madrasah Aliyah NegeriI (MAN) Pacitan. Jurnal Muslim Heritage, 2(2): 389-406
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).