PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN KEAGAMAAN PADA MASYARAKAT KELURAHAN BITTOENG KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG

  • Ridwan Idris Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat merupakan agenda rutin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen UIN Alauddin Makassar kepada masyarakat. Pelaksanaanya melibatkan seluruh dosen dari berbagai fakultas dan jurusan dengan asumsi bahwa pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dalam melakukan program-program kerjanya dilakukan dengan multi disipliner approach, sehingga program kerja pengabdian masyarakat  bisa dilaksanakan dalam berbagai pendekatan sesuai dengan disiplin ilmu dosen yang ditempatkan di lokasi pengabdian. Pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Bittoeng Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang

Pengabdian ini dilaksanakan dalam bidang pendidikan dan pembangunan keagamaan. Metode yang diterapkan adalah metode kerja sama, gotong royong dan membangun relasi jaringan kepada warga masyarakat desa yang berada di Desa Bola yang disusun dan direncanakan oleh tim melalui program-program yang telah direncanakan. Adapun posisi tim pengabdian adalah sebagai motor penggerak yang berada di tengah-tengah masyarakat yang berfungsi sebagai akademisi dan masyarakat bertindak sebagai praktisi dari program kegiatan pengabdian masyarakat dalam menjawab tantangan problematika kehidupan masyarakat Desa Benteng Paremba Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.

References

QS Ali Imran (3); 104,110.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2003.

Community Development Review, The Community Development Guidelines of The International Cooperation Administration, 1996.

Ife, Jim dan Frank Tesoriero, Community Development terj. Sastrawan Manulang, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Green, Gary paul and Ann Goeting. Mobilizing Communities: Asset Building as a Community Development. Philadelphia; Temple University Press. 2010.

Kunyati, Siti Anah dan Reviandari Widyatiningtyas, “Penguatan Kemampuan Belajar Berbasis Mesjid”, JPKM 10, no. 1, 2020.

Rahman. Ali. Pengertian Kurikulum or Materi dalam Pendidikan, 2011.

Soehadha, Muhammad “Pemberdayaan masyarakat berbasis agama; model pengabdian masyarakat oleh dosen dan peran pusat pengabdian kepada masyarakat uin Sunan kalijaga”, Jurnal Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga 12, no. 1, 2016.

Turner, Bryan S. Sosiologi Agama. Terj: Daryatno. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

M. I. A. Gazali. Keutamaan Membaca dan Menghafal Al-Quran. Islam House, 18, 2010.

Soetomo, Pemberdayaan Masyarakat Mungkinkah Muncul Antitesisnya.. Yogyakarta; Penerbit Pustaka Pelajar, 2013.

Published
2021-11-30
Abstract viewed = 119 times