Improving the Quality of Community Education Through Teaching Activities at Az-Zahra Haji Nusu Kindergarten in Bonto Bahari Village, Bontoa District, Maros Regency
Abstract
Kehadiran mahasiswa di desa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan pemerintah desa melalui kerja kreatif dan inovatif mahasiswa KKN dalam merancang dan mengimplementasikan program-program kegiatan berdasarkan atas permasalahan pendidikan, sosial dan keagamaan yang dirasakan oleh masyarakat setempat melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi yang telah diperoleh selama proses perkuliahan. Tujuan pengabdian adalah terciptanya peningkatan Mutu Pendidikan melalui kegiatan Mengajar di TK Az-Zahra Haji Nusu di Desa Bonto Bahari Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di taman kanak-kanak Az-Zahra Haji Nusu Merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan analisis data display data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pembelajaran bagi anak usia dini dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dengan baik dengan bekerja sama melalui perencanaan pembelajaran dirancang dan dikembangkan dengan memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana belajar serta kemampuan guru dan siswa, pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan gembira, ceria, menarik, dan memberikan kenyamanan bagi anak dalam belajarnya, dan evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan segala aspek perkembangan yang ditunjukan oleh anak dengan selalu mengapresiasi segala perkembangannya dengan memberikan simbol bintang dan membubuhi tanda tangan disetiap hasil karya dalam proses belajarnya.