KARAKTERISTIK KONSTANTA DIELEKTRIK DAN KONDUKTIVITAS OPTIK MATERIAL KARBON BERBAHAN DASAR AMPAS TEH SETELAH DI SINTESIS MENGGUNAKAN ABLASI LASER

  • Jumardin Jumardin
    (ID)

Abstract

Penelitian material karbon yang di sintesis dengan metode ablasi laser untuk menentukan nilai indeks refraktiv (n), koefisien ekstension (k), energi urbach (Eu), energi band gap (Eg), konstanta dielektrik real (εr), konstanta dilektrik imaginer (εi) dan konduktivitas optik (σopt). Nilai koefisien absorpsi cahaya pada material karbon didapatkan berdasarkan karakteristik optik menggunakan spektroskopi UV-Vis. Perubahan waktu (1, 2, dan 3 jam) ablasi laser akan menunjukkan nilai yang berbeda pada parameter (n), (k), (Eu), (Eg), (εr), (εi), dan (σopt). Semakin lama paparan ablasi laser dalam proses sintesis maka nilai konduktivitas optik (σopt) semakin besar. Penambahan durasi waktu ablasi laser menujukkan nilai energi yang menurun sehingga nilai konduktivitas optik semakin bertambah. Konstanta dielektrik mengindikasikan kemampuan untuk menyimpan, mentransmisikan dan memantulkan energi gelombang elektromagnetik pada bilangan imaginer dan dielektrik real.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-16
How to Cite
[1]
Jumardin, J. 2023. KARAKTERISTIK KONSTANTA DIELEKTRIK DAN KONDUKTIVITAS OPTIK MATERIAL KARBON BERBAHAN DASAR AMPAS TEH SETELAH DI SINTESIS MENGGUNAKAN ABLASI LASER. SAINFIS: Jurnal Sains Fisika. 3, 2 (Aug. 2023), 10-25.
Abstract viewed = 218 times

Most read articles by the same author(s)