TRADISI AMMONE PA’BALLE RAKI’-RAKI’ DI KELURAHAN TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA (Analisis Perbandingan antara Hukum Islam dan Adat Istiadat)

  • Nurul Wardah Ningshi NS
  • Zulhasari Mustafa

Abstract

Abstrak

 

Artikel ini bertujuan untuk menarik suatu kesimpulan yang bersifat umum menuju ke pernyataan yang bersifat khusus. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan berbagai pendekatan, yaitu pendekatan antropologis, pendekatan yuridis, pendekatan sosiologis dan pendekatan normatif syar’i. Adapun sumber data penelitian ini adalah Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Masyarakat biasa. Selanjutnya metode pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Tradisi ammone pa’balle raki’-raki’ di kel. Tamarunang, kec. Somba Opu kab. gowa merupakan bentuk rasa syukur kepada sang pencipta Allah SWT, ritual yang melambangkan simbol kelancaran yang di percaya agar acara pernikahan maupun khitanan yang akan di laksanakan berjalan dengan baik tanpa gangguan apapun. Tradisi ini di lakukan di sungai dengan menghanyutkan sesaji-sesaji, masyarakat percaya apabila tidak melakukan Tradisi Ammone Pa’balle Raki’-Raki’ akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, seperti kesurupan atau dalam bahasa Makassar Napattauki dan akan di terserang penyakit pada dirinya. Pandangam Hukum Islam terhadap tradisi ini telah melenceng dari syariat islam karena orang yang melakukannya adalah musyrik. Tradisi ini merupakan Adat istiadat kerena merupakan termasuk budaya atau aturan-aturan yang berusaha di terapkan dalam lingkungan masyarakat, tetapi cara pelaksanaannya adalah bentuk kesalahan masyarakat yang tidak menyadari bahwa itu bertentangan dengan hukum Islam.

Kata Kunci: Tradisi; Hukum Islam; dan Adat istiadat.

Abstract

This article to draw a general conclusion leading to a statement that is specific. This type of research is qualitative using various approaches, namely anthropological approach, juridical approach, sociological approach and shar'i normative approach. The source of the data of this research are Customary Leaders, Community Leaders, Religious Leaders, and Ordinary Communities. Then the data collection method is done by observation, interview and documentation. The results of this study indicate that the implementation of the Ammone Pa'balle Raki-Raki Tradition in Ex. Tamarunang, kec. Somba Opu kab. gowa is a form of gratitude to the creator of Allah SWT, a ritual that symbolizes the symbol of fluency that is believed so that the wedding and circumcision will be carried out well without any disturbance. This tradition is carried out in the river by drifting offerings, people believe that if they do not do the Ammone Pa'balle Raki'-Raki Tradition things will happen that are not wanted, such as possessed or in Makassar “Napattauki” and will be attacked by diseases in himself. Islamic law's view of this tradition has deviated from Islamic Sharia because the people who do it are polytheists. This tradition is a custom because it is included in the culture or rules that are trying to be applied in the community, but the way it is implemented is a form of public error that does not realize that it is contrary to Islamic law.

Kewrods: Tradition, Islamic Law, and costoms

References

DAFTAR PUSTAKA

Abd. Kadir Ahmad, Perkawinan pada berbagai Etnis di Sulawesi Selatan Barat (Makassar: Indobis Publishing, 2006)

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Mengenal Adat Istiadat Perkawinan Di Jawa, Sunda,Betawi Dan Madura. (Bandung: Proyek Pengembangan Pendidikan Masyarakat (Pusat),1983)

Dg. Saba, (63 tahun) Tokoh masyarakat, wawancara tgl 23 september 2019 di jl Dato Panggentungan

Daeng Lallo, , (83 tahun) Guru Barazanji, wawancara tgl 23 september 2019 di jl Dato Panggentungan

Dg Line (65 tahun) Pimati (guru baca), wawancara tgl 29 Maret 2020 di Jl Dato Panggentungan

Dg lengu’, (73 tahun) Pinati (Guru Baca) wawancara tgl 27 Maret 2020 di jl dato panggentungan

Dewi puspita sari, (29 tahun) Masyarakat Kelurahan Tamarunang, wawancara tgl 29 Maret 2020

Dg Bani, (50 tahun) ketua RT 1 RW 3 jl.dato panggentungang Kelurahan Tamarunang, wawancara tgl 29 Maret 2020

Ensiklopedi Islam Jilid I. (Jakarta: PtT Ichtiar Baru Van Hoven,1999)

Fatimah, Hukum Islam & Hukum Adat Dalam Sistem Hukum Nasional. (Makassar: Alauddin University press, 2015)

Juliana M, disertasi humaniora:”Tradisi Mappasoro bagi Masyarakat Desa Barugariattang Kecematan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba” (Makassar: UIN Alauddin

Kementrian Agama Republik Indonesia, “Al-Qur’an dan Terjemahan” (Jawa Barat: CV Penerbit di Ponegoro, 2015)

M. Maftuhin Ar-raudi, kaidah fiqih menjawab problematika sepanjang zaman, (Yogyakarta: Penerbit Gava maedia, 2015)

Muhammad Daud Ali, Hukum Islam, Pengantar Ilmu Hukum Dan Tata Hukum Islam Di Indonesia, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,2012)

Masyfuk Zuhdi, Pengantar Hukum Syari’ah, (Jakarta: Haji Mas Agung, 1987)

Nasrun Harun, Ushul Fiqh I, (Jakarta: Logos,1996)

Rosdalina, Hukum Adat, (Yogyakarta:CV Budi Utama,2017)

Suriyaman Mustari, Hukum Adat Dahulu Kini dan Akan Datang, (Jakarta: Kencana, 2014)

Sitti Nuralawiah, disertasi syari’ah dan Hukum, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Tradisi Mappakatau Ri Tau Marajae Setelah Panen Padi Di Pakalu Kelurahan Kalabbirangkecematan Bantimurung Kabupaten Maros, (Makassar: UIN Alauddin Makassar, 2019), h.4

Abdul Syatar. “TRANSFORMATION OF FIQH IN THE FORMS OF HAJJ AND ZAKAT LEGISLATION.” Mazahibuna; Jurnal Perbandingan Mazhab 1, no. 2 Desember (2019): 120–33. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mjpm/article/view/11646.

Syatar, Abdul. “Konsep Masyaqqah Perspektif Hukum Islam; Implementasi Terhadap Isu-Isu Fikih Kontemporer.” UIN Alauddin Makassar, 2012. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/6009.

———. “Relevansi Antara Pemidanaan Indonesia Dan Sanksi Pidana Islam.” DIktum 16, no. 1, Juli (2018): 118–34. https://doi.org/https://doi.org/10.28988/diktum.v16i1.525.

How to Cite
Ningshi NS, N. W., & Mustafa, Z. (1). TRADISI AMMONE PA’BALLE RAKI’-RAKI’ DI KELURAHAN TAMARUNANG KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA (Analisis Perbandingan antara Hukum Islam dan Adat Istiadat). Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 1(3). https://doi.org/10.24252/shautuna.v1i3.14913
Abstract viewed = 373 times