TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FENOMENA PACARAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)

  • Lehan Syah
  • Nila Sastrawati

Abstract

Abstrak

Fenomena pacaran adalah sebuah peritiwa yang nampak di lingkungan sekitar yang telah menjadi kebiasaan seseorang diamati dan dinilai lewat kacamata ilmiah atau lewat disiplin ilmu tertentu. Judul penelitian ini adalah “Tinjauan Hukum Islam terhadap Fenomena Pacaran di  Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar)”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif lapangan (Filed research). Sumber data dalam penelitian ini terdapat dua sumber data  digunakan yaitu Sumber data primer yang didapatkan peneliti dengan cara observasi dan melalui data wawancara yang dilakukan 10 Informan, dengan menggunakan kuesioner tertutup atau angket, kuesioner yang dilakukan sekitar 70 yang dibagikan kepada mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Dan Sumber data sekunder merupakan suatu data yang ditemukan dari , jurnal, buku-buku skripsi ataupun sumber lain yang valid dan relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, kuesioner deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Fenomena pacaran dikalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri(UIN) Alauddin Makassar benar adanya dan menganggap bahwa pacaran itu sebagai langkah awal menuju jenjang hubungan yang lebih serius dan dengan pacaran. 2) Pandangan Mahasiswa terhadap fenomena pacaran adalah ’dalam syariat islam pacaran itu sudah jelas dalam agama tetapi kembali lagi kepada diri masing-masing bagaimana menyikapinya. 3) Pandangan Hukum Islam terhadap fenomena pacaran itu sebenarnya beragam pendapat.

Kata kunci: Fenomena; Pacaran; Hukum Islam.

References

DAFTAR PUSTAKA

Tamiyah, Ibnu. Fikih Wanita Kumpulan Fatwa Lengkap Seputar Permasalahan Wanita. Jakarta: as-Sunnah, 2010.

Tahido, Huzaimah Yanggo, Fiqhiyah: Kajian Islam Kontemporer (Bandung: Angkasa, 2015).

Indra, Hasbi. Potret Wanita Shalehah. Jakarta: Penamadani, 2016

Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Departemen Agama Republik Indonesia. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Syamil Qur’an, 2009.

Adi, Rianto. Metode Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit, 2004.

Arikunto, S. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Penelitian Lapangan dan Praktikum. Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2015.

Ohee, Christine. Purnomo, Windhu. Pengaruh status hubungan berpacaran terhadap perilaku Pacaran berisiko pada mahasiswa perantau asal papua di kota Surabaya. 2018.

Riskesdas , Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian dan Pembangunan Kesehatan tentang Perilaku Seksual Remaja. 2013.

U, Mahmudah., Cahyati, W. H., & Wahyuningsih, A. S.. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(2), 113–120. https://doi.org/ISSN 1858-1196. 2013.

Sumiatin, T., Purwanto, H., & Ningsih, W. T.. Pengaruh Persepsi Remaja Tentang Perilaku Seks Terhadap Niat Remaja Dalam Melakukan Perilaku Seks Berisiko. Jurnal Keperawatan, 8(1), 96–101, 2017.

Irmawati dan Saragih J.I.. Fenomena jatuh cinta pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Vol. 1, No. 1, 48-55, 2005.

EB, Hurlock. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) . Edisi Kelima, ( Jakarta: Penerbit Erlangga, 1980).

Abdul Syatar. “TRANSFORMATION OF FIQH IN THE FORMS OF HAJJ AND ZAKAT LEGISLATION.” Mazahibuna; Jurnal Perbandingan Mazhab 1, no. 2 Desember (2019): 120–33. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mjpm/article/view/11646.

Syatar, Abdul. “Konsep Masyaqqah Perspektif Hukum Islam; Implementasi Terhadap Isu-Isu Fikih Kontemporer.” UIN Alauddin Makassar, 2012. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/6009.

———. “Relevansi Antara Pemidanaan Indonesia Dan Sanksi Pidana Islam.” DIktum 16, no. 1, Juli (2018): 118–34. https://doi.org/https://doi.org/10.28988/diktum.v16i1.525

How to Cite
Syah, L., & Sastrawati, N. (1). TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP FENOMENA PACARAN DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 1(3). https://doi.org/10.24252/shautuna.v1i3.14918
Abstract viewed = 2979 times