Interaksi Pria dan Wanita dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus Al-Jami’ Perspektif Empat Mazhab

  • Irham Karamullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Siti Aisyah Kara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

ABSTRAK

Pokok masalah penelitian ini terkait Interaksi pria dan wanita dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus Al-Jami’ Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang berangkat dari pengamatan dan penemuan fakta sosial yan dikaji menggunakan pendekatan perbandingan (comperative approach) dalam hal ini yang dimaksud adalah Empat Mazhab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Interaksi pria dan wanita dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus Al-Jami’ Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar kurang ketat. Kurang ketat tersebut dalam arti berada pada kategori mutawwassit atau pertengahan. Dengan kata lain dalam pelaksanaannya mereka sangatlah terbuka  dan tidaklah sangat ketat atau menutup dari komunikasi sosial. Namun tidak berarti sangat bebas pula, sebab tentu mereka mengedapankan nilai-nilai yang telah diatur dalam Islam. 2) Pandangan empat Mazhab terkait interaksi pria dan wanita dalam Organisasi LDK Al-Jami’, lembaga tersebut lebih condong kepada Imam Asyafi’i sebab memiliki angggota yang mayoritas bermazhab Syafi’i dan juga berlindung dalam Naungan Kampus dan Negara yang menerapkan Mazhab Syafi’i. Pandangan mazhab Syafi’i juga termasuk kategori muwassit dalam menentukan hukum di banding dengan yang lain. Adapun implikasi dari penelitian ini diantaranya: 1) Interaksi pria dan wanita dalam organisasi tersebut sudah tepat karena antara yang sebenarnya diterapkan dan seharusnya yang diterapkan dalam Organisasi tersebut sudahlah tepat sebab seharusnya Lembaga tersebut menurut peneliti mengikuti aturan pemahaman Kampus Negeri yang menaunginya yakni mayoritas bermazhab Syafi’i. 2) Ketika terjadi perbedaan Pemahaman antara anggota maka sebaiknya anggota tersebut diberikan pemahaman melalui tarbiyyah terkait dengan Interaksi pria dan wanita dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus, sehingga anggota tersebut yang bertentangan mampu memahami dan menyesuaikan diri ketika berkegiatan.

Kata kunci: Interaksi, Lembaga Dakwah Kampus, Mazhab

References

LaDaa, Aluddin.‘’ Aurat Perempuan Bagi Laki-laki Ajnabiyyah Perspektif Fiqh Muqaranah Tinjauan Histori ‘’ Jurnal Tahkim Vol 12, no.1 30 September 2016.

Akbar, Eliyyil. ‘’Ta’aruf dalam Khitbah Perspektif Syafi’i dan Ja’fari’’ Jurnal Musawa 14. 1 Juli 2015.

Aisyah, St. , ‘’Peranan Lembaga Dakwah Kampus dalam Meningkatkan Komunikasi Dakwah Mahasiwa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar’’, Jurnal Vol.2. 1 Desember 2015.

Asmahady. ‘’Berboncengan Lawan Jenis yang Bukan Mahram (Perspektif Bahtsul Masa’il Forum Musyawarah Pondok Pesantren Putri (FMP3) Se-Jawa Timur). Skripsi.Jakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.2014.

Bakry, Muammar. “Pengembangan Karakter Toleran Dalam Problematika Ikhtilaf Mazhab Fikih.” Al-Ulum 14, no. 1 (2014): 171–188. http://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/234.

Syatar, Abdul. “Strengthening Religious Moderation In University.” Jurnal Kurioritas: Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan 13, no. 2 (2020): 236–248.

Sirajuddin, Mohd Dasuqkhi Mohd. ‘’Ikhtilat Perspektif al-Qur’an dan al-Hadist’’, Jurnal Fikrah Vol 6, (2011): h.38.

Masyithoh, dkk. ‘’Pengembangan Program Dakwah Rohani Islam Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tingkat SMA/Sederajat (Studi Kasus MAN 2 Kota Bogor)’’. Jurnal Vol.9. 1 Februari 2020.

Kementrian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: PT.Karya Toha Putra, 2002.

Published
2021-01-31
How to Cite
Karamullah, I., & Kara, S. A. (2021). Interaksi Pria dan Wanita dalam Organisasi Lembaga Dakwah Kampus Al-Jami’ Perspektif Empat Mazhab. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 2(1). https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i1.16287
Section
Artikel
Abstract viewed = 342 times