Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil Pandangan Ulama Kontemporer dan Bidang Kesehatan

  • Rosdiana Iskandar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Thahir Maloko Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada hukum puasa Ramadhan bagi ibu hamil dalam dua persepktif (Ulama kontemporer dan kesehatan). Skripsi ini menjelaskan permasalahan: 1). Bagaimana hukum puasa Ramadhan bagi ibu hamil menurut ulama kontemporer? 2). Bagaimana pengaruh dan manfaat puasa bagi ibu hamil dalam bidang kesehatan? Tujuan penelitian ini ingin mengetahui hukum puasa ibu hamil dalam pandangan ulama kontemporer serta mengetahui pengaruh dan manfaat puasa bagi ibu hamil dalam bidang kesehatan. Metode yang digunakan adalah kepustakaan, pengumpulan data melalui hasil bacaan atau literature mengenai object yang diteliti melalui sumber data primer yang diperoleh dari kitab suci al-Qur’an dan hadist nabi serta kitab fiqih ulama-ulama kontemporer, lalu data sekunder yaitu literature kesehatan yang membahas ibu hamil. Analisis data dilakukan dengan cara induktif, mencari jawaban memalui literature, mengkaji pendapat ulama kontemporer dan sumber hukum islam dan kesehatan lalu menyimpulkannya secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan diantara ulama-ulama kontemporer dalam penetapan hukum puasa bagi ibu hamil yakni beberapa ulama menunjukkan wajibnya membayar fidyah tanpa qada’, pendapat lain mengatakan wajib fidyah dan qada’. Sedangkan menurut kesehatan, keseimbangan asupan nutrisi atau gizi pada ibu hamil cukup menjadi hal penting untuk mengetahui aman tidaknya seorang ibu hamil berpuasa. Berdasarkan penelitian tersebut yakni pengaruh puasa pada ibu hamil maka diharapkan adanya penelitian lanjutan dilapangan untuk menyempurnakan dan memperkuat penelitian kepustakaan yang dilakukan peneliti.

Author Biography

Rosdiana Iskandar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

 JURUSAN PERBANDINGAN MAZHAB DANHUKUM FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

References

Albhani Muhammad, Mukaddimah Fikih Sunnah. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Annie Aprisandityas, Diana Elfida. “Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan kecemasan pada Ibu Hamil. Jurnal Psikologi 8 No. 2 (2012) h. 80-89

Arsyad, Azman, Ibtisam Ibtisam, and Mulham Jaki Asti. “Konsep Ihtiyaṭ Imam Syafi’i Terhadap Anjuran Menutup Aurat Bagi Anak-Anak; Analisis Tindakan Preventif Pelecehan Anak.” Mazahibuna 2, no. 2 (2020): 255–69. https://doi.org/10.24252/mh.v2i2.18193.

Bahraen, raehanul. Fikih kesehatan kontemporer terkait puasa dan ramadhan. Jakarta: qonita graph, 2014.

Fariz, moez Al-Islam E. Implikasi Puasa Intermiten Ramadhan Terhadap Kesehatan Ibu dan Janin serta Status Gizi. Yordania: Al-kudus, 2014

Fatimah. Buku ajar kebidanan kehamilan. Jakarta: fakultas kedokteran dan kesehatan univ muahmmadiyah Jakarta, 2017

Haya binti mubarok al-barik. Ensiklopedia wanita muslimah. Jakarta: Darul falah, 1423 H.

Imam al-mudziri. Mukhtasar sahih Muslim. Jakarta: ummul qura, 2006.

K.H Endah Widhi Astuti. Emy Suryani. Atit Tajmiati. Konsep Kebidanan dan Etikolegal dalam Praktik Kebidanan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2016.

Kamal, syaik abu malik. Fiqih Sunnah lin nisaa’ ensiklopedia wanita. Depok: pustaka khazanah fawa’id, 2016.

Made Kamisutara, putu artaya dan Tubagus Purworusmiardi. Penerapa teknologi informasi pada kondisi early morning dalam meminimalkan tingkat kematian ibu hamil dan bayi. Surabaya: Narotama University Press, 2018.

Maharani, Qadha Puasa Bagi Ibu Hamil Dan Menyusui Menurut Pendapat Ibn Hazm. Skripsi. Riau: Fak. Syariah Dan Hokum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Riau, 2013.

Proverawati. A dan sitti, gizi untuk kebidanan. Yogyakarta: Nuha merdeka, 2019.

Sandra fikawati, Ahmad Syafiw, Khaula Kharima. Gizi Ibu dan Bayi. Depok: PT. Rajagrafindo Persaja, 2015

Syaikh shalih binabdul aziz alu asy-syaikh. Fiqih musayyar panduan praktis fikih dan hokum Islam. Jakarta: Darul Haq, 1436 H.

Syatar, Abdul, and Chaerul Mundzir. TOKOH DAN KETOKOHAN IMAM MAZHAB (Kontribusinya Terhadap Pengembangan Fikih Di Indonesia). Gowa: Alauddin University Press, 2021.

Sayyid Sabiq. Fiqih sunnah jilid 3-4. Bandung: AL-Ma’arif, 1978.

Syeikh Abu Maliki Kamal. Fiqh Sunnah Lin NIsaa’ ensiklopedia wanita. Sukamaju: Pustaka Khazanah Fawa’id, 2016.

Saleh Al-Fawzan. Fiqh sehari-hari. Jakarta: Gema Insani, 2006

Yahanna. “Fidyah Wanita Hamil dan menyusui dalam kitab Min Hady Al-Islam Fatawa Mu’Ashirah”, thesis. Riau: Program pascasarjana Universitas Islam Negri Sultan Syarif Riau, 2011.

Zuhri. Ibnu Hazm al-Andalusia dan Khilafah. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogykarta, 2016.

Published
2022-05-31
How to Cite
Iskandar, R., & Maloko, M. T. (2022). Puasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil Pandangan Ulama Kontemporer dan Bidang Kesehatan. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 3(2), 328-342. https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.23383
Section
Artikel
Abstract viewed = 572 times