Tinjauan Hukum Islam Tentang Amalan Jamaah Tarekat Tajul Khalwatiyah Pimpinan Puang La’lang di Kelurahan Tamarunang Kabupaten Gow

  • Muhammad Nurhidyat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Alimuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abdul Halim Talli Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pandangan masyarakat terhadap amalan sholat, amalan zakat, amalan puasa dan amalan haji jamaah Tarekat Tajul Khalwatiyah pimpinan Puang La’lang yakni dalam amalan Sholat masyarakat menganggap sholat yang dilaksanakan pada Tarekat ini terlalu cepat seperti terburu-buru, kemudian dalam amalan Zakat sangat berbeda dengan sebagaimana yang dilaksanakan oleh masyarakat. Dalam Tarekat Tajul Khalwatiyah Amalan Zakat terbagi menjadi lima bagian diantaranya Zakat Fitrah, Zakat barang-barang, Zakat peternakan, Zakat tumbuh-tumbuhan dan Zakat badan. Selanjutnya Amalan puasa pandangan masyarat tentang amalan puasa ini tidak ada perbedaan hanya saja dalam penentuan awal Puasa kadang bersamaan dengan Muhammadiyah kadang juga Bersamaan dengan Nahdatul Ulama. Dan yang terakhir amalan Haji dalam Pandangan Masyarakat amalan haji pada Tarekat Tajul Khalwatiyah itu telah sesuai sebagaimana yang dilaksanakan oleh ketentuan-ketentuan syariah. Selanjutnya tinjauan hukum Islam tentang Amalan Tarekat Tajul Khalwatiyah Pimpinan Puang La’lang sebagai berikut Amalan Sholat dalam tinjauan Hukum Islam boleh melakukan sholat sunah atau wajib dengan cepat tetapi dengan kadar thuma’ninah (tenang), selanjutnya amalan Zakat menurut Hukum Islam terbagi menjadi dua bagian yakni Zakat Fitrah yakni zakat yang wajib dikeluarkan oleh setiap orang sedangkan Zakat Maal yang dikeluarkan seorang muslim yang berkecukupan seperti hasil perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil peternakan, harta penemuan, emas dan perak masing-masing memiliki jenis perhitunganya sendiri begitupun dalam Tarekat Tajul Khalwatiyah Pimpinan Puang La’lang. kemudian Amalan Puasa yang diamalkan oleh Tarekat Tajul Khalwatiyah ini telah sesuai dengan ketentuan-ketentuan syariat Islam. dan yang terakhir amalan haji dalam ketentuan Hukum Islam terhadap amalan Tarekat Tajul Khalwatiyah sesuai pula dalam ketentuan Syariat.

References

Ahmad, Amrullah. Dakwah Islam Perubahan Sosial. Yogyakarta: Prima duta, 2003.

Amalia, Rizka. “Persepsi Masyarakat Terhadap Komunitas Tarekat Khalwatiyah Di Kecamatan Lau Kabuputen Maros.” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/4630-Full_Text.pdf.

Aminah, St. Eksistensi Jam’iyah Syekh Yusuf Al- Makassariy. Cet., I. Yogyakarta: Trust Media, 2019.

Anis, Desi Alawiyah, and Burhanuddin Burhanuddin. “Tareqat Khalwatiyah SAMMAN Di Desa Tongke-Tongke Kec. Sinjai Timur (Eksistensi Dan Penyebaran Ajarannya).” Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani 6, no. 2 (2020): 18–46. https://doi.org/10.47435/mimbar.v6i2.431.

Arifin, M. Psikologi Dakwah. Jakarta: Bulan Bintang, 2001.

Gusfahmi. Pajak Menurut Syariah. Edited by IV Cet. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007. https://books.google.co.id/books?id=VjapNQAACAAJ.

Hafidhuddin, Didin. Dakwah Aktual. Cet., I. Jakarta: Gema Insani Press, 2008.

Hidayatullah, Syarif. Buku Pintar IbadahTuntunan Lengkap. Cet., I. Jakarta: Suluk, 2011.

Idrus, Achmad Musyahid. “Korelasi Maqảshid Al-Syarị’ah Dengan Metode Penetapan Hukum.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 12, no. 1 (2014): 31–41.

Muhammad. Aspek Hukum Dalam Muamalat. Cet., I. Depok: Graha Ilmu, 2007.

Rasyid, Hamdan. Agar Haji Dan Umrah Bukan Sekedar Wisata. Cet., 1. Depok: Zhita Press, 2011.

Rifa’i, Moh. Fikih Islam Lengkap. Ce., I. Semarang: PT Karya Toha Putra, 1978.

Syatar, Abdul, and Arif Rahman. “Transformation of Fiqh in the Forms of Pilgrimage and Zakat Legislation.” Mazahibuna, 2019. https://doi.org/10.24252/mh.v1i2.11646.

Wijaya, Abdi. “Cara Memahami Maqashid Al-Syari’ah.” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 4, no. 2 (2015): 344–53. https://doi.org/10.24252/ad.v4i2.1487.

———. “Nepotisme Dalam Perspektif Hadis Maudhu’i.” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 1, no. 1 (2012): 43–60. https://doi.org/10.24252/ad.v1i1.1462.

Published
2022-09-30
How to Cite
Nurhidyat, M., Alimuddin, & Talli, A. H. (2022). Tinjauan Hukum Islam Tentang Amalan Jamaah Tarekat Tajul Khalwatiyah Pimpinan Puang La’lang di Kelurahan Tamarunang Kabupaten Gow. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 3(3). https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.27346
Abstract viewed = 85 times