Analisis Hukum Islam terhadap Iklan pada Aplikasi Go-Food dalam Perspektif Ulama Kontemporer

Studi Kasus Mahasiswa UIN Alauddin Makassar

  • Riska Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nur Aisyah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Iklan, Aplikasi Go-Food, Ulama Kontemporer

Abstract

Artikel ini membahas tentang analisis hukum Islam terhadap iklan pada aplikasi go-food dalam perspektif ulama kontemporer (studi kasus mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum)”. Pokok permasalahan yang diteliti yaitu: Bagaimana indikator terhadap kebohongan gambar iklan pada aplikasi Go-Food? Serta Bagaimana solusi dalam mengatasi kebohongan iklan pada aplikasi Go-Food menurut hukum Islam dan pandangan Ulama kontemporer? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Dengan pendekatan yuridis normatif dan teologi normatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, serta dokumenter. Dengan pengolahan datanya yaitu mengamati dan menganalisis data-data. Hasil penelitian menjelaskan bagaimana iklan yang terdapat di berbagai aplikasi, khususnya Go-Food, sering terjadi ketidaksesuaian antara gambar iklan dalam aplikasi. Makanan yang diiklankan terlihat sangat menarik, jadi banyak konsumen tertarik untuk membelinya, ketika pesan di aplikasi dengan melihat iklannya, namun iklannya tidak sesuai dengan jenis pesanan. Implikasi pada penelitian ini yakni, setiap manusia harus tanamkan aspek jujur dan etis dalam berbisnis sangat menentukan keberadaan bisnis yang sehat. Namun bagi sebagian pihak, keberadaan etika bisnis hanya menjadi penghambat untuk memperoleh keuntungan, dan mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, Islam sangat menentang ketidakjujuran, penipuan dan segala bentuk menyakiti orang lain.

References

Al-Khurasyi, Sulaiman Shalih. Pemikiran Dr. Yusuf Al-Qaradhawi Dalam Timbangan. Pustaka Imam Asy-syafi’i, 2003.

Andayani, Reski, and Rahma Amir. “Analisis Perbandingan Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Pelaksaan Jual Beli Ijon: Studi Kasus Di Kabupaten Bantaeng.” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum 2, no. 1 (2021): 168–78. https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i1.17741.

Aprilianti, Ira. “Melindungi Masyarakat: Memajukan Hak-Hak Konsumen Digital.” Makalah Kebijakan Nomor 27, no. 27 (2020). https://doi.org/10.35497/310045.

Arny, Sumarni, Hadi Daeng Mapuna, and Muhammad Anis. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pada Marketplace Online Lazada.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 2, no. 4 (2021): 222–40. https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v3i3.21658.

Bahar, Andi Ahriana Astuti, and Sabir Maidin. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembelian Barang Koleksi Di Kelurahan Tamarunang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa (Studi Perbandingan Imam Abu Hanifa Dan Imam Syafi’i).” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum 1, no. 3 (2020): 591–606. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/SHAUTUNA.V1I3.15459.

Farih, Amin. “REINTERPRETASI MAṢLAḤAH SEBAGAI METODE ISTINBĀṬ HUKUM ISLAM: Studi Pemikiran Hukum Islam Abū Isḥāq Ibrāhīm Al-Shāṭibī.” Al-Ahkam 1, no. 25 (2015): 43. https://doi.org/10.21580/ahkam.2015.1.25.193.

Fauzan, Ahmad Nur, and Muhammad Yaasiin Raya. “Pengembalian Barang Cacat Setelah Transaksi Perspektif Hukum Positif Dan Hukum Islam.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 3, no. 1 (2021): 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v3i3.23471.

Hartalena, Hartalena. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Pohon Cengkeh Di Kabupaten Sinjai.” Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2020.

Ismail, Nurindah Pertiwi, and M Thahir Maloko. “Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Penerapan Upah Buruh Cetak Batu Bata.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 3, no. 1 (2021): 54–60.

Jamal, Indira. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Online Dengan Penerapan Pasal 1320 Kuh Perdata.” Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2021.

Jaya, Septi Aji Fitra. “Al-Qur’an Dan Hadis Sebagai Sumber Hukum Islam.” Jurnal Indo-Islamika 9, no. 2 (2019): 204–16.

Kesuma, Teuku Meldi. “Prinsip Dan Kriteria Periklanan Dari Perspektif Islam.” Share: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam 1, no. 1 (2012). https://doi.org/10.22373/share.v1i1.718.

Khatimah, Khusnul, and Erlina Erlina. “Tinjaun Hukum Islam Terhadap Jual Beli Secara Daring (Online) Terhadap Barang Yang Tidak Sesuai Dengan Iklan.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 2, no. 3 (2021): 147–56. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v2i2.16426.

Kurniati, Kurniati, Eka Indriyani Ms, Muhammad Muhammad, and Abdul Syatar. “Preference Of Using Sharia Fintech In Pandemic Covid 19.” Webology 19, no. 2 (2022): 5457–67. https://www.webology.org/abstract.php?id=1999.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mughni, M. Saefudin. “Korelasi Sumber Hukum Islam Antara Al Qur’an, Hadits Dan Ushul Fiqh.” Educreative : Jurnal Pendidikan Kreativitas Anak 5, no. 3 (2020). https://doi.org/10.37530/edu.v5i3.129.

Nasir, Moh. “Pengaruh E-Service Quality Dan Diskon Terhadap Minat Beli Pada Situs Online Di Website Zalora. Co. Id Di Surabaya.” Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 5, no. 1 (2017).

Qardhawi, Yusuf. “Norma Dan Etika Ekonomi Islam,” 1997.

Sakti, Muthia, Dwi Aryanti Ramadhani, and Yuliana Yuli Wahyuningsih. “Perlindungan Konsumen Terhadap Beredarnya Makanan Yang Tidak Bersertifikat Halal.” Jurnal Yuridis 2, no. 1 (2017). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35586/.v2i1.161.

Wijaya, Abdi, Achmad Musyahid Idrus, Tahani Asri Maulidah, Mulham Jaki Asti, and Nurjannah Nurjannah. “The Implementation of E-Commerce Consumer Option Rights (Khiyar) in Realizing Transaction Justice: A Study of Maqasid Al-Shariah.” Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 17, no. 1 (2023): 69–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/mnh.v17i1.7673.

Yuniar, Asfira, Nurul Azizah, and Nurfyana Narmia Sari. “Asas Keadilan Berekonomi Dalam Transaksi Jual Beli Online.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah 7, no. 2 (2021): 129.

Published
2023-05-31
How to Cite
Riska, & Aisyah, N. (2023). Analisis Hukum Islam terhadap Iklan pada Aplikasi Go-Food dalam Perspektif Ulama Kontemporer: Studi Kasus Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 4(2), 559-572. https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.32667
Section
Artikel
Abstract viewed = 21 times