Tinjauan Mazhab Fikih terhadap Sistem Diskon Pakaian di Ramayana Mall Panakkukang

  • Yuliana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • A. Zainal Azhar Ishak Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Mazhab Fikih, Sistem Diskon, Pakaian

Abstract

Diskon yang ditawarkan oleh toko-toko besar sebagai media untuk melariskan dagangan begitu menggiurkan bagi konsumen, akan tetapi yang menjadi pertanyaan adalah sistem diskon yang digunakan apakah sesuai dengan prinsip ber muamalah dalam islam atau tidak. Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem discount pakaian di Ramayana Mall Panakkukang, dan bagaimana analisis sistem potongan harga (discount) menurut mazhab Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem discount pakaian di Ramayana Mall Panakkukang, dan sistem potongan harga (discount) menurut mazhab fiqih.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (field kualitatif research) dengan pendekatan deskriptif dan sosiologis. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pihak Ramayana memberikan diskon pada produk tertentu dan tidak menerapkan markup barang atau penambahan harga karena barang yang dijadikan diskon adalah barang yang sudah masuk dalam data agen, dengan tujuan untuk menghabiskan stok berlebih barang atau produk yang sudah lama dan mengurangi barang yang stok nya sudah lama di gudang. Ditinjau dari analisis mazhab fiqih transaksi jual beli di Store Ramayana Mall Panakkukang Makassar antara pihak pengelola Store Ramayana (penjual) maupun konsumennya (pembeli) tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang menurut hukum Islam, hal ini yang mengindikasikan bahwa dalam transaksi jual beli dengan adanya potongan harga pada jualan pakaian di Store Ramayana di Mall Panakkukang Makassar adalah boleh atau sah karena transaksi yang berlaku di Store Ramayana tidak bertentangan dengan hukum Islam.

References

Abd. Gafur, Mulyawana, and Abdul Wahid Haddade. “Perlindungan Konsumen Dalam Akad Jual Beli Online Atas Hak Khiyar Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Di Kel. Pabiringa Kec. Binamu Kab. Jeneponto).” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab 1, no. 3 (2020): 321–37. https://doi.org/10.24252/shautuna.v1i3.14910.

Abdulahana. Kaidah-Kaidah Keabsahan Multi Akad (Hybrid Contract) Dan Desain Kontrak Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Trustmedia Publishing, 2020.

Al-Juzairi, Syaikh Abdurrahman. Fikih Empat Mazhab. Bandung: Pustaka Al-Kautsar, 2017.

Andayani, Reski, and Rahma Amir. “Analisis Perbandingan Hukum Islam Dan Hukum Positif Terhadap Pelaksaan Jual Beli Ijon: Studi Kasus Di Kabupaten Bantaeng.” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum 2, no. 1 (2021): 168–78. https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i1.17741.

Anugrah, Abrar, Abdi Wijaya, and M. Arafah. “Jual Beli Makanan Bertambah Pajak Di Makassar; Studi Komparasi Hukum Positif Dengan Mazhab Syaf’i.” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab 3, no. 3 (2022): 489–502. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.28006.

Aprianti, Suci, and Siti Aisyah. “Transaksi Jual Beli Oleh Anak Sebagai Pelaku Bisnis Menurut Imam Syafi’i Dan Hanafi (Analisis Maqashid Al-Syariah).” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab 1, no. 3 (2020): 452–67. https://doi.org/10.24252/shautuna.v1i3.14919.

Arifin, Zainul. Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2006.

Arny, Sumarni, Hadi Daeng Mapuna, and Muhammad Anis. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pada Marketplace Online Lazada.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 2, no. 4 (2021): 222–40. https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.v3i3.21658.

Azizah, Nur, and Muhammad Anis. “Tinjauan Hukum Islam Perjanjian Jual Beli Tanah Melalui E-Commerce Di Gowa.” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum 2, no. 3 (2021): 735–42. https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i3.22245.

Azzam, Abdul Aziz Muhammad. Fiqh Muamalat: Sistem Transaksi Dalam Fiqih Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

Bahri, Syabbul. “Hukum Promosi Produ Dalam Perspektif Hukum Islam.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 8, no. 1 (June 2013): 135–54. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.1.135-154.

Fajarwati, Selly Intan, Maman Surahman, and Yandi Maryandi. “Analisis Jual Beli Dengan Diskon Menurut Fikih Muamalah Pada Distro Bloods Cabang Kota Sukabumi.” Prosiding Hukum Ekonomi Syariah 5, no. 2 (2019): 562–69. https://doi.org/10.29313/syariah.v0i0.16675.

Fauzia, Ika Yunia. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana, 2013.

Irwansyah, Rudy. Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021.

Isnaini, Arif. Model Dan Strategi Pemasaran. Makassar: Ntp Press, 2005.

Marilang, Marilang. “Rekonstruksi Epistemologi Teori Keadilan John Rawls.” Jurnal Hukum Unsulbar 1, no. 1 (2018): 41–56. https://doi.org/10.31605/j-law.v1i1.50.

Nasional, Majelis Ulama Indonesia-Dewan Syariah. “Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No: 16/DSN-MUI/IX/2000 Tentang Diskon Dalam Murabahah.” mui.or.id, 2000.

Nurjannah, Nurjannah, Irwan Misbach, and Rahmawati Muin. “The Maslahah of Muslim Consumer Behavior in Using E-Wallet in Makassar City.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 7, no. 1 (2021): 1–18. https://doi.org/10.24952/fitrah.v7i1.3331.

Sabiq, Sayyid. Fiqh Sunnah Jilid 12. Bandung: Al-Ma’arif, 1996.

Sabir, Muhammad, and Rifka Tunnisa. “Jaminan Fidusia Dalam Transaksi Perbankan; Studi Komparatif Hukum Positif Dan Hukum Islam.” Mazahibuna: Jurnal Perbandingan Mazhab 2, no. 1 (2020): 80–97. https://doi.org/10.24252/MH.V2I1.14284.

Salim, Munir. “Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam.” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan 6, no. 2 (2017): 371–86.

Shuhufi, Muhammad, Nurfadilah Kasman, and Nurjannah. “Perindungan Hukum Terhadap Transaksi Jual Beli Kosmetik Berbasis E-Commerce: Perspektif Mazhab Al-Syafi’i.” Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab 4, no. 1 (2023): 99–115. https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.30552.

Suhendi, Hendi. Fiqh Muamalah. X. Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Suwiknyo, Dwi. Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Syatar, Abdul, and Arif Rahman. “Transformation of Fiqh in the Forms of Pilgrimage and Zakat Legislation.” Mazahibuna: Jurnal Perbandingan Mazhab 1, no. 2 (2019): 120–33. https://doi.org/10.24252/MH.V1I2.11646.

Syatar, Abdul, Rifaldi Rifaldi, Muammar Bakry, Zulhas’ari Mustafa, and Mulham Jaki Asti. “Pencantuman Labelisasi Halal Bagi Kepercayaan Konsumen Perspektif Maslahah Mursalah.” KALOSARA: Family Law Review 2, no. 2 (2023): 84–97. https://doi.org/10.31332/KALOSARA.V2I2.4376.

Syauqi, Ahmad, Fauzi Arif Lubis, and Atika Atika. “Pengaruh Cashback, Flash Sale, Tagline ‘Gratis Ongkir’ Terhadap Impulse Buying Konsumen Generasi Z Pada Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).” Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI) 2, no. 4 (2022): 734–49. https://doi.org/https://doi.org/10.35899/biej.v4i1.424.

Wijaya, Abdi, Achmad Musyahid Idrus, Tahani Asri Maulidah, Mulham Jaki Asti, and Nurjannah Nurjannah. “The Implementation of E-Commerce Consumer Option Rights (Khiyar) in Realizing Transaction Justice: A Study of Maqasid Al-Shariah.” Al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam 17, no. 1 (2023): 69–82. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/mnh.v17i1.7673.

Published
2023-05-31
How to Cite
Yuliana, & Ishak, A. Z. A. (2023). Tinjauan Mazhab Fikih terhadap Sistem Diskon Pakaian di Ramayana Mall Panakkukang. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 4(2), 631-649. https://doi.org/10.24252/shautuna.vi.42509
Section
Artikel
Abstract viewed = 37 times