Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Usia Dini Di Kelurahan Ela-Ela Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba

  • Andi Halimah Scopus ID: 57202605558, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penggunaan smartphone pada anak usia dini telah menjadi fenomena yang semakin umum dalam masyarakat modern. Orang tua memiliki peran penting dalam membimbing anak-anak dalam penggunaan teknologi ini. Pola asuh yang diterapkan oleh orang tua dapat memengaruhi bagaimana anak-anak memanfaatkan smartphone dan dampaknya terhadap perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh orang tua dalam penggunaan smartphone pada anak usia dini di Kelurahan Ela-ela Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik pengolahan dan analisis data melibatkan tahapan berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis pola asuh yang umum diterapkan oleh orang tua, yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Hasil ini berimplikasi pada penggunaan smartphone pada anak usia dini, di mana pola asuh yang dipilih oleh orang tua dapat memengaruhi cara anak-anak menggunakan smartphone. Oleh karena itu, pemahaman akan berbagai pola asuh dan dampaknya terhadap perkembangan anak menjadi penting bagi orang tua dalam mendidik dan membimbing anak-anak mereka.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

Referensi

Alwie, F. N., Oktavianti, I., & Ismaya, E. A. (2023). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 44–48.
Awwad, M., & Safta, I. H. (2023). Model Pola Asuh Orang Tua dan Dinamika Interaksi Sosial Anak Pengguna Gedget (Studi Kasus Pengguna Gadget di Desa Pejanggik). SEMESTA Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2). Retrieved from https://ejournal.ahs-edu.org/index.php/semesta
Dzulfadhilah, F. (2023). Psikoedukasi Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Di Era Digital. ECEJ: Early Childhood Education Journal, 01(01), 6–13.
Fajriyanti, D., Hidayat, C. T., & Dewi, S. R. (2023). Hubungan Pola Asuh Keluarga dengan Tingkat Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Usia 10-12 Tahun di SDN Jember Lor 3. Health & Medical Sciences, 2(1), 14. https://doi.org/10.47134/phms.v2i1.72
Fatimah, S., & Nuraninda, F. A. (2021). Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi 4.0. Jurnal Basicedu, 5(5), 3705–3711. Retrieved from https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1346
Hafilda, A., Lestari, S., & Ratnasari, F. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Kecanduan Gadget Di Desa Mauk Barat Pada Masa Pandemi Covid 19. Nusantara Hasana Journal, 1(12), 7–11.
Hermawan, D., & Abdul Kudus, W. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mencegah Anak Kecanduan Bermain Game Online di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5), 778–789. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i5.171
Nuraeni, Y., Zultiar, I., & Munajat, A. (2024). Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak Usia Dini di Era Digital (Studi Kasus Di TK PGRI Winaya Mekar Ciracap). Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(3), 612–627.
Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 81–92.
Pane, E. H., Hakimah, N., Nasution, A., Hasibuan, K., Pulungan, A. S., Hasibuan, H. K., & Harahap, Y. (2024). Penyuluhan Pola Asuh Orang Tua dan Penguatan Karakter Anak Menyongsong Era Disrupsi di Desa Panarian Padang Lawas. Jurnal Transformasi Pendidikan Indonesia, 2(2), 153–159.
Retalia, R., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 139–149. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p139-149
Saman, A. M., & Hidayati, D. (2023). Pola Asuh Orang Tua Milenial dalam Mendidik Anak Generasi Alpha di Era Transformasi Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 984–992. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4557
Sit, M. (2015). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. In Perdana Publishing. Medan: Perdana Publishing.
Sonnie, R. P. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama COVID-19. Syntax Idea, 3(3), 631. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i3.1037
Suryani, R., & Hazizah, N. (2023). Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Digital Anak di Era Teknologi di Nagari Aia Manggih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4790–4797. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5995
Zulfitria. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone Pada Anak Sekolah Dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1).
Diterbitkan
2024-11-22
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 17 times