Evaluasi pemberdayaan program dapur DASHAT di Desa Taeng Puskesmas Pallangga Kabupaten Gowa

  • Zahratul Jannah Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Andi Asma Ningsih Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Yusniar Tiksah Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Andi Miftahul Jannah Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
  • Eka Kurnia Prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Neger Alauddin Makassar, Makassar
    (ID)
Keywords: evaluasi, PMT balita, dapur DASHAT

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi program dapur DASHAT yang telah terlaksana di Desa Taeng. Penelitian ini berjenis kualitatif dilakukan pada 3 MeiĀ  sampai 8 Mei 2023 di Puskesmas Pallangga Kabupaten Gowa. Subjek dalam penelitian ini adalah tenaga pelaksana gizi, bidan dan kader puskesmas dengan jumlah informan 4 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam menggunakan daftar pertanyaan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah meliputi evaluasi. Evaluasi tenaga membutuhkan pelatihan untuk program dapur DASHAT. Pada sarana diperlukan buku pencatatan harian untuk semua sasaran dapur DASHAT. Evaluasi dana menunjukkan masih kurangnya dana yang diperoleh dari dana swadaya. Pada perencanaan target sasaran yang mendapat program dapur DASHAT di kegiatan PMT dan kegiatan edukasi berdasarkan laporan pemantauan pemeriksaan antropometri disetiap bulannya dari bidan-bidan desa dan petugas gizi puskesmas. Pada ketetapan sasaran program dapur DASHAT yang dilaksanakan selama 2 bulan sudah tepat sasaran. Pada cakupan program dapur DASHAT di desa Taeng meliputi kegiatan pemberian MT (makanan tambahan) bagi balita gizi kurangĀ  dan kegiatan edukasi tentang makanan bergizi, bahan dan kandungan gizi pada makanan yang diberikan kepada anak, serta pola asuh yang benar.

References

Anggreni, M. A., Utamayasa, I. G. D., Hanafi, M., Putri, N. S. H., & Fauzi, N. A. A. (2022). Menghindari Stunting Dengan Meningkatkan Gizi yang Seimbang Untuk Memperdayakan Kemandirian Kesehatan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 1372-1377.

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128-1137.

Buletin Jendela. (2018). Situasi Balita Pendek (Stunting) Di Indonesia. Pusdatin Kementrian Kesehatan RI.

Doren, W. K., Regaletha, T. A., & Dodo, D. O. (2019). Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan (PMT-P) terhadap Status Gizi Buruk Balita di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. Lontar: Journal of Community Health, 1(3), 111-118.

Gunawan, A. S., & Prameswari, G. N. (2022). Evaluasi Program Intervensi Gizi Spesifik Penanggulangan Stunting pada Baduta. Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 2(3), 251-259.

Jayadi, Y. I., & Rakhman, A. (2021). Evaluasi Program Pemberian Makanan Tambahan (MT) Anak Balita Pada Masa Pandemi Covid 19. Poltekita: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(2), 105-117.

Kemenkes RI. (2011). Penyelenggaraan Pemberian Makanan Tambahan Pemulihan Bagi Balita Gizi Kurang. Jakarta: Kemenkes RI.

Larasati, T. A., Ferdiansyah, A. I., & Nusadewiarti, A. (2022). Pendampingan Desa Jatimulyo Untuk Pencegahan Stunting Melalui Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting). JPM (Jurnal Pengabdian Masyakat) Ruwa Jurai, 7(2), 71-79.

Ridwan, M., & Imari, F. (2022). Implementasi Posyandu Di Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Kerja Puskesmas Pematang Kandis Kabupaten Merangin Tahun 2021. JAMBI MEDICAL JOURNAL" Jurnal Kedokteran dan Kesehatan", 10(3), 351-363.

Wardah, R., & Reynaldi, F. (2022). Peran Posyandu Dalam Menangani Stunting Di Desa Arongan Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Biology Education, 10(1), 65-77.

Published
2023-08-15
How to Cite
Jannah, Z., Ningsih, A. A., Tiksah, Y., Jannah, A. M., & Kurnia, E. (2023). Evaluasi pemberdayaan program dapur DASHAT di Desa Taeng Puskesmas Pallangga Kabupaten Gowa. Sociality: Journal of Public Health Service , 2(2), 112-122. https://doi.org/10.24252/sociality.v2i2.39469
Section
Artikel
Abstract viewed = 121 times